PM Polandia Rekomendasi Status Zona Merah Ditetapkan ke Seluruh Wilayahnya

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 03:23 WIB
Polands Prime Minister Mateusz Morawiecki speaks on camera as he arrives for an EU summit at the European Council building in Brussels, Friday, Oct. 2, 2020. European Union leaders will be assessing the state of their economy and the impact of the coronavirus pandemic on it during their final day of a summit meeting. (Olivier Hoslet, Pool via AP)
PM Polandia Mateusz Morawiecki (Foto: Olivier Hoslet, Pool via AP)
Polandia -

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan pada Rabu bahwa dia ingin tindakan penguncian zona merah Corona diperluas ke seluruh bagian negaranya. Langkah ini dilakukan karena lonjakan kasus Corona di Polandia.

Dilansir dari AFP, Kamis (22/10/2020), dalam 24 jam terakhir kenaikan kasus positif Corona di Polandia mencapai 10.040 kasus. Hampir separuh negara, kebanyakan tersebar di kota besar yang telah ditetapkan sebagai zona merah Sabtu lalu.

"Saya akan merekomendasikan bahwa mulai Sabtu semua Polandia akan menjadi zona merah," kata Perdana Menteri Mateusz Morawiecki kepada stasiun TV swasta Polsat menjelang pertemuan tim krisis yang secara resmi akan memutuskan tindakan tersebut.

Morawiecki sudah menyarankan "semua orang yang bisa bekerja dari jarak jauh" mulai minggu lalu.

Semua sekolah menengah di zona merah ditutup dan telah beralih ke pembelajaran jarak jauh. Klub kebugaran dan kolam renang juga ditutup.

Restoran tutup pada pukul 21:00 (1900 GMT), pernikahan dilarang dan ada batasan ketat pada jumlah orang yang diizinkan di toko dan di angkutan umum dan di tempat keagamaan.

Pemerintah Morawiecki juga mengatakan akan menggunakan stadion nasional Polandia sebagai rumah sakit lapangan untuk Warsawa dan membangun fasilitas medis sementara di tempat lain, karena lonjakan kasus virus korona membuat fasilitas perawatan kesehatan semakin parah.

(eva/eva)