Jepang Beri Pinjaman ke RI Nyaris Rp 7 T untuk Penanggulangan Bencana

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 12:03 WIB
Jokowi bertemu PM Jepang Yoshihide Suga (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Jokowi bertemu PM Jepang Yoshihide Suga (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Jepang, Yoshihide Suga melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan telah mengadakan pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo. Selama pertemuan yang diadakan di istana presiden di Bogor itu, Suga menawarkan bantuan pinjaman sebesar 50 miliar yen (sekitar Rp 6,9 triliun) kepada Indonesia untuk mendukung perjuangannya melawan COVID-19.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang Yoshida Tomoyuki menjelaskan bahwa pinjaman itu dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Indonesia dalam menghadapi bencana, termasuk mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi virus Corona.

"Dana ini untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana di Indonesia, seperti tsunami, untuk menyiapkan program-program penanggulangan bencana, termasuk menghadapi pandemi," ujarnya kepada para wartawan dalam briefing pers online, Rabu (21/10/2020).

Tomoyuki mengatakan bahwa pinjaman berbunga rendah tersebut merupakan tambahan dari pinjaman sebelumnya sebesar hampir 32 miliar yen yang diberikan Jepang ke Indonesia pada Februari tahun ini. "Indonesia merupakan mitra ekonomi yang penting bagi Jepang," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2