Round-Up

Data Pembunuhan saat Pandemi di Brasil Bikin Ngeri

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 21:02 WIB
Close up of Hand with knife following young terrified man ,Bandit is holding a knife in hand. Threat Concept
Foto: ilustrasi pembunuhan (Getty Images/iStockphoto/chingyunsong)
Brasilia -

Data kasus pembunuhan di Brasil meningkat meningkat 7,1 persen pada paruh pertama tahun ini. Angka ini artinya setiap 10 menit ada satu orang yang dibunuh. Padahal, saat ini banyak warga Brasil yang tetap di rumah selama Corona.

"Ada 25.712 kematian akibat kekerasan pada paruh pertama tahun 2020, setara dengan satu orang yang dibunuh setiap 10 menit di tengah pandemi COVID-19, meskipun langkah-langkah tinggal di rumah diterapkan selama periode ini," demikian laporan dari Forum Keamanan Publik Brasil seperti dilansir AFP, Selasa (20/10/2020).

Data mengerikan ini sekaligus mematahkan tren penurunan kasus kejahatan yang dimulai sejak 2018.

"Angka tersebut mematahkan tren penurunan dalam kejahatan kekerasan yang dimulai pada 2018," demikian isi laporan tahunan tentang keamanan publik di negara Amerika Selatan yang telah lama berjuang dengan kekerasan tingkat tinggi itu.

Namun, para penulis laporan itu mengatakan masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan pasti tentang mengapa pembunuhan, perampokan mematikan, dan penembakan polisi yang fatal meningkat bahkan ketika pandemi membuat banyak orang Brasil tetap di rumah.

Mereka mengatakan studi lebih lanjut diperlukan tentang bagaimana geng-geng kriminal berkembang di tengah pandemi, termasuk apakah mereka mengirimkan lebih banyak obat lewat darat sebagai tanggapan atas pengurangan lalu lintas udara - yang mungkin mengarah pada peningkatan konflik di sekitar rute perdagangan.

"Pada titik ini, masih sulit untuk menentukan tren mana yang merupakan efek dari tindakan jarak sosial dan mana yang tidak," kata mereka.

Dalam beberapa kasus, pandemi mungkin menyebabkan kejahatan kekerasan tidak dilaporkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2