Korut Pamer Rudal Antarbenua, Jepang Tingkatkan Pertahanan Rudal

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 17:19 WIB
Korea Utara memamerkan rudal balistik raksasa baru di parade militer yang digelar hari ini.
Foto: Korea Utara memamerkan rudal balistik antarbenua (Getty Images/Chung Sung-Jun)
Jakarta -

Jepang berjanji untuk meningkatkan kemampuan pertahanan rudalnya untuk menanggapi ancaman senjata Korea Utara. Korut baru saja memamerkan teknologi senjata terbarunya dalam parade militer Pyongyang akhir pekan.

Dilansir Associated Press, Senin (12/10/2020) Korea Utara memperingati ulang tahun ke-75 partai berkuasa pada hari Sabtu (10/10), dengan mengarak berbagai sistem persenjataan. Parade itu mengungkap apa yang tampak seperti rudal balistik antarbenua (ICBM) yang lebih besar dari ICBM mana pun yang diketahui milik Korut.

Pameran itu juga menunjukkan apa yang kemungkinan merupakan versi upgrade dari rudal yang dapat ditembakkan dari kapal selam.

Sementara beberapa ahli mengatakan bahwa senjata itu bisa jadi tiruan rudal yang sedang dikembangkan, pameran tersebut tampaknya menandakan Korea Utara terus meningkatkan kemampuan senjatanya selama diplomasi nuklir yang terhenti dengan AS.

"Untuk menanggapi ancaman yang beragam dan kompleks, kami akan bekerja dengan keras untuk memperkuat kemampuan pencegahan rudal komprehensif kami," kata Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato dalam konferensi pers reguler Senin (12/10).

"Kami memahami bahwa beberapa dari rudal tersebut dikatakan menyulitkan kami untuk merespons dengan peralatan konvensional kami," imbuhnya.

Lihat juga video 'Korea Utara Dilaporkan Lepaskan Serangkaian Rudal Penjelajah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2