Bicara ke Pendukungnya, Trump Mengklaim Sudah Negatif Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 13:21 WIB
President Donald Trump walks out of Walter Reed National Military Medical Center to return to the White House after receiving treatments for covid-19, Monday, Oct. 5, 2020, in Bethesda, Md. (AP Photo/Evan Vucci)
Donald Trump dalam foto pada 5 Oktober lalu saat keluar dari rumah sakit (AP Photo/Evan Vucci)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyampaikan kepada sekelompok pendukungnya via telepon bahwa dirinya telah 'dinyatakan sepenuhnya negatif' virus Corona (COVID-19). Klaim ini disampaikan Trump setelah sebelumnya mengaku dirinya mungkin 'kebal' dari virus Corona.

Seperti dilansir Fox News, Senin (12/10/2020), dokter kepresidenan yang merawat Trump, Komandan Angkatan Laut AS Dr Sean Conley, sejauh ini belum merilis pernyataan terbaru soal kondisi kesehatan terkini Presiden AS tersebut.

"Saya telah dinyatakan sepenuhnya negatif (virus Corona-red)" ucap Trump dalam pesan audio yang diunggah tim kampanyenya via YouTube.

"Saya akan pergi ke Florida besok (12/10), bekerja sangat keras karena ini menjadi pemilu yang harus kita menangkan," imbuhnya dalam pesan yang diunggah pada Minggu (11/10) waktu setempat.

Terlepas dari klaim Trump bahwa dirinya dinyatakan negatif Corona, pihak Gedung Putih belum merilis informasi apapun.

Terakhir kali, Dr Conley mengirimkan sebuah memo pada Sabtu (10/10) waktu setempat yang menyatakan Trump tidak lagi berisiko menularkan virus Corona. Dalam memo itu, Dr Conley tidak secara eksplisit menyatakan apakah Trump sudah dinyatakan negatif Corona.

Diketahui bahwa seseorang bisa bebas gejala Corona dan tidak berisiko menularkan virusnya ke orang lain, namun masih bisa memiliki virus Corona di dalam sistemnya.

Klaim terbaru Trump itu disampaikan beberapa jam setelah Trump melontarkan klaim lainnya bahwa dirinya mungkin 'kebal' virus Corona dalam wawancara dengan program acara Fox News yang berjudul 'Sunday Morning Futures' dengan host Maria Bartiromo.

"Saya kebal. Presiden dalam kondisi sangat baik untuk menghadapi pertempuran," cetus Trump dalam wawancara itu.

Klaim serupa juga disampaikan Trump via akun Twitternya, yang kemudian dilabeli 'informasi menyesatkan' oleh pihak Twitter.

(nvc/ita)