Mantan Presiden Kyrgyzstan Dibebaskan dari Penjara oleh Demonstran

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 10:31 WIB
Orang-orang memprotes hasil pemungutan suara parlemen di Bishkek pada 5 Oktober 2020. (Vyacheslav Oseledkov/AFP)
Foto: Orang-orang memprotes hasil pemungutan suara parlemen di Bishkek pada 5 Oktober 2020. (Vyacheslav Oseledkov/AFP)
Bishkek -

Mantan presiden Kyrgyzstan dibebaskan dari penjara pada Selasa (6/10/2020) oleh para pengunjuk rasa anti-pemerintah yang menduduki gedung pemerintah. Mereka juga memaksa masuk ke gedung komite keamanan nasional tempat sel penjaranya berada.

Dilansir dari AFP, Selasa (6/10/2020) Adil Turdukuov, seorang aktivis dan sekutu mantan pemimpin Kyrgyzstan Almazbek Atambayev, mengatakan bahwa para pengunjuk rasa membebaskan Atambayev "tanpa paksaan atau penggunaan senjata apa pun". Dia mencatat bahwa pejabat keamanan nasional tidak melakukan upaya perlawanan.

Sebelumnya, media lokal melaporkan pengunjuk rasa anti-pemerintah di Kyrgyzstan menduduki gedung parlemen dan administrasi kepresidenan negara itu pada hari Selasa (6/10), setelah demonstrasi atas pemilihan parlemen yang disengketakan.

Seorang saksi mata yang ambil bagian dalam aksi itu, mengatakan kepada AFP bahwa sejumlah pengunjuk rasa dari sekitar 2.000 orang mendobrak gerbang gedung.

"Tidak ada yang berusaha melindunginya saat kerumunan masuk," kata saksi mata itu.

"Kami menyanyikan lagu kebangsaan dan memasuki gedung tanpa ada perlawanan," katanya, menambahkan bahwa hanya ada "staf teknis" di dalam gedung itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2