Azerbaijan Sebut Armenia Serang Kota Ganja, 1 Warga Tewas dan 4 Luka-luka

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 20:30 WIB
Armenia - Azerbaijan: Mengapa perang kedua negara berpotensi munculkan konflik lebih besar yang melibatkan Rusia dan Turki?
Foto ilustrasi saling serang Azerbaijan-Armenia: BBC World
Baku -

Azerbaijan mengatakan kota terbesar kedua di negara Azerbaijan, Ganja, diserang pasukan Armenia. Armenia dikabarkan menyerang setelah roket Azerbaijan menghantam kota Karabakh.

Dilansir AFP, Minggu (4/10/2020), Kementerian Pertahanan mengatakan Ganja diserang roket Armenia. Ganja adalah sebuah kota berpenduduk lebih dari 330.000 di Azerbaijan barat, dan beberapa daerah sipil lainnya diserang oleh roket dan penembakan.

Pemerintah Azerbaijan mengatakan satu warga sipil tewas dan empat orang mengalami luka-luka atas peristiwa ini. Azerbaijan juga mengancam akan membalas dengan menghancurkan sasaran militer di dalam Armenia.

Hingga saat ini, pertempuran utama terjadi antara Azerbaijan dan Nagorno-Karabakh, daerah kantong etnis Armenia di dalam Azerbaijan, tetapi sekarang pertempuran tersebut mengancam untuk meluap menjadi perang langsung dengan Armenia sendiri.

"Azerbaijan akan menghancurkan sasaran militer langsung di dalam Armenia dari mana penembakan terhadap pusat penduduknya terjadi," kata Asisten Presiden Azerbaijan, Hikmet Hajiyev, dilansir Reuters, Minggu (4/10).

Dia mengatakan ada juga korban sipil di wilayah Azeri lainnya, Beylagan, yang berbatasan dengan Nagorno-Karabakh.

Armenia Bantah Tuduhan Azerbaijan

Sementara itu, Armenia menyatakan pihaknya tidak mengarahkan tembakan apapun ke Azerbaijan. Pemimpin Nagorno-Karabakh, Arayik Harutyunyan mengakui pasukannya menargetkan pangkalan udara militer di Ganja, tetapi kemudian berhenti menembak untuk menghindari korban sipil.

Diketahui, konflik ini juga menyeret negara lain. Azerbaijan didukung oleh Turki, sedangkan Armenia memiliki pakta pertahanan dengan Rusia.

Armenia mengatakan Azerbaijan telah menggunakan bandara di Ganja sebagai pangkalan pesawat tempurnya untuk melakukan serangan bom di Nagorno-Karabakh. Arayik mengatakan pasukannya akan membalas serangan itu dengan menargetkan kota Azeri.

"Satuan militer tetap yang berada di kota-kota besar Azerbaijan mulai saat ini menjadi sasaran pasukan pertahanan," kata Arayik Harutyunyan.

Tonton juga 'Melihat Lokasi Perang Azerbaijan Vs Armenia':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/gbr)