Trump Klaim Menangi Debat Capres Pertama dengan Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 11:26 WIB
President Donald Trump answers a question during the first presidential debate Tuesday, Sept. 29, 2020, at Case Western University and Cleveland Clinic, in Cleveland, Ohio. (AP Photo/Morry Gash, Pool)
Donald Trump saat debat capres AS (AP Photo/Morry Gash, Pool)
Minnesota -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim dirinya memenangkan debat calon presiden (capres) perdana dengan penantangnya, Joe Biden, capres dari Partai Demokrat. Trump menyebut dirinya berhasil mengekspose agenda berbahaya Biden.

Seperti dilansir Associated Press dan Fox News, Kamis (1/10/2020), Trump menyampaikan klaim kemenangan itu saat menemui pendukungnya dalam kampanye di Duluth, Minnesota, pada Rabu (30/9) waktu setempat. Di hadapan pendukungnya, Trump mengakui dirinya menikmati debat dengan Biden.

"Kita akan memenangkan empat tahun yang indah lagi di Gedung Putih dan melakukan lebih banyak hal dari yang pernah dilakukan siapa pun. Dari Gedung Putih, kita akan mencetak rekor," ucap Trump di hadapan pendukungnya dalam kampanye di Bandara Internasional Duluth.

"Saya sangat menikmati debat semalam dengan Sleepy Joe," ujarnya merujuk pada nama panggilan Biden yang biasa digunakannya.

"Putusannya sudah ditetapkan dan mereka mengatakan bahwa kita, kita semua, menang besar semalam," klaim Trump kepada para pendukungnya.

Trump juga mengklaim dirinya berhasil mengekspose agenda berbahaya Biden dalam debat pada Selasa (29/9) malam waktu setempat. "Media liberal kesal karena saya berjuang untuk berdebat dan mengekspose agendanya (Biden-red) yang sangat berbahaya," cetusnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Sementara itu, dalam komentar kepada wartawan, seperti dilansir AFP, Trump menyebut debat capres pertama antara dirinya dan Biden di Cleveland berjalan baik. Dia lagi-lagi membahas soal rating debat capres yang disebutnya tergolong tinggi.

"Debat tadi malam luar biasa. Kita mendapatkan ulasan yang luar biasa," tutur Trump kepada wartawan. "Malam yang menyenangkan. Saya melihat ratingnya sangat tinggi dan menyenangkan berada di sana," imbuhnya.

Menurut data Nielson, diperkirakan 73,1 juta orang di AS menonton debat capres pertama antara Trump dan Biden.

Namun diketahui bahwa debat capres pertama diwarnai kekacauan dengan kedua capres berebut berbicara dan Trump terus menginterupsi Biden saat dia menyampaikan argumennya. Trump bahkan sempat berdebat dengan moderator Chris Wallace dari Fox News, yang memintanya berhenti menginterupsi Biden.

Sejumlah tokoh Partai Demokrat dan media menyerukan agar Biden memboikot dua debat capres selanjutnya. Namun tim kampanye Biden menegaskan sang mantan Wakil Presiden itu akan berpartisipasi dalam dua debat selanjutnya.

Trump menyatakan dirinya juga akan berpartisipasi dalam dua debat capres berikutnya yang akan digelar pada 15 Oktober dan 22 Oktober mendatang. "Saya ingin (berpartisipasi). Dalam segala ukuran, kami memenangkan debat dengan mudah semalam," ucap Trump kembali mengklaim kemenangan.

(nvc/rdp)