Mantan Presiden Ukraina Poroshenko Positif Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 03:34 WIB
Former Ukrainian President Petro Poroshenko, now an MP, who is accused of abuse of power over the appointment of a major foreign intelligence service official in 2018, addresses his supporters during a rally outside a court building prior to a hearing to consider the prosecutors request to put ex-president under a pre-trial arrest, Kiev, July 8, 2020. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP)
Petro Poroshenko (Foto: AFP/SERGEI SUPINSKY)
Kiev -

Mantan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko menyatakan dirinya terinfeksi virus Corona (COVID-19). Poroshenko saat ini menjalani perawatan di rumahnya.

"Saya mendapatkan hasil tes positif COVID-19," tulis mantan presiden yang berusia 55 tahun itu di akun twitter resminya, dan menambahkan bahwa sedang menjalani perawatan di rumah seperti dilansir AFP, Rabu (30/9/2020).

Poroshenko-sekarang anggota parlemen-menderita diabetes. Penyakit ini juga dikaitkan dengan peningkatan risiko komplikasi akibat virus Corona.

Poroshenko menambahkan bahwa dia tidak terbiasa mengambil cuti karena sakit. Namun COVID-19 "jauh lebih berbahaya".

Poroshneko memimpin Ukraina setelah aneksasi Krimea oleh Rusia pada tahun 2014 dan pecahnya konflik separatis yang didukung Moskow di timur negara itu.

Pada tahun 2019, dia dikalahkan dalam pemilihan presiden oleh Volodymir Zelensky, seorang komedian yang tidak memiliki pengalaman politik sebelumnya.

Ukraina, dengan jumlah populasi sekitar 40 juta jiwa telah melaporkan kasus positif lebih dari 204.000 kasus dan lebih dari 4.000 kasus kematian.

(lir/lir)