China Soal Penanganan Corona: Permusuhan Hanya Akan Membawa Bencana

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 10:16 WIB
Chinese Foreign Minister Wang Yi, left, and Norwegian Foreign Minister Ine Eriksen Soreide hold a press conference after political talks they had earlier in the evening in Oslo, Thursday, Aug. 27, 2020. The visit is part of a round trip to several European countries. (Heiko Junge/NTB scanpix via AP)
Foto: Menlu China Wang Yi (Heiko Junge/NTB scanpix via AP)
Beijing -

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi menyatakan bahwa COVID-19 merupakan seruan bagi dunia untuk bekerja sama. Dia menilai bahwa saling menyalahkan "hanya akan membawa bencana yang lebih besar".

Dilansir AFP dan Channel News Asia, Selasa (29/9/2020), beberapa hari setelah Amerika Serikat dan China saling menyerang di Sidang Umum PBB terkait wabah virus Corona, Menlu China Wang Yi mengatakan dalam sebuah forum di Beijing, bahwa masing-masing negara telah "mengubah tempat internasional PBB yang khusyuk menjadi ruang pertunjukan untuk melayani mereka dengan politik dan kepentingan pribadi".

China baru-baru ini menjadi sorotan dengan kisah keberhasilan negara itu dalam menghentikan penyebaran virus Corona. Namun, AS telah membuat negara-negara lain mengkritik Beijing karena penanganan epidemi tersebut.

China sebelumnya dilaporkan telah meredam berita tentang COVID-19 ketika penyakit itu pertama kali muncul tahun lalu dan awalnya mengecilkan risiko penularan.

"Selain bekerja sama dan saling membantu, kita tidak punya pilihan lain," ujar Wang pada acara yang diselenggarakan bersama oleh Asosiasi Diplomasi Publik China.

"Seperti yang ditekankan oleh Sekretaris Jenderal PBB (Antonio) Guterres, epidemi ini bukan hanya peringatan, tetapi juga latihan krisis," kata Wang.

Selanjutnya
Halaman
1 2