Total Kasus Corona di AS Lampaui 7 Juta, Terbanyak di Dunia

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 09:01 WIB
Amerika Serikat menjadi negara terbanyak dalam kasus virus corona, hal tersebut membuat tenaga medisnya juga sangat terimbas dalam hal pelayanan, seperti ini potretnya.
Ilustrasi -- Tenaga medis di AS (AP Photo/John Minchillo)
Washington DC -

Total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayah Amerika Serikat (AS) telah melampaui angka 7 juta. Dengan angka ini, AS masih menempati peringkat pertama sebagai negara dengan total kasus Corona terbanyak di dunia.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (26/9/2020), data penghitungan terbaru dari Johns Hopkins University (JHU) yang menjadi acuan global menunjukkan total 7.030.887 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah AS.

Total kematian akibat Corona di AS, menurut JHU, sejauh ini mencapai 203.615 orang. Dengan angka tersebut, AS berada di posisi teratas untuk negara dengan total kasus dan kematian akibat Corona terbanyak di dunia.

JHU mencatat bahwa kasus Corona pertama terdeteksi di AS pada 21 Januari lalu. Ini berarti AS membutuhkan waktu sekitar 8 bulan untuk mencapai total 7 juta kasus Corona di wilayahnya.

Catatan CNN secara detail menyatakan bahwa dibutuhkan waktu 98 hari bagi AS untuk mencapai total 1 juta kasus Corona pada 28 April lalu. Kemudian dibutuhkan waktu 44 hari untuk mencapai total 2 juta kasus pada 11 Juni. Selanjutnya, dibutuhkan waktu 27 hari untuk mencapai total 3 juta kasus pada 8 Juli.

Dibutuhkan waktu hanya 15 hari untuk mencapai total 4 juta kasus pada 23 Juli. AS membutuhkan waktu 17 hari untuk mencapai total 5 juta kasus Corona pada 9 Agustus. Dibutuhkan waktu 22 hari bagi AS untuk mencapai total 6 juta kasus Corona pada 31 Agustus.

Yang terbaru, dibutuhkan waktu 25 hari untuk mencapai total 7 juta kasus Corona pada 25 September.

Selain AS, ada tiga negara lainnya yang telah melaporkan total lebih dari 1 juta kasus Corona. Ketiganya adalah India dengan total 5,8 juta kasus Corona, kemudian Brasil dengan total 4,6 juta kasus Corona dan Rusia dengan total 1,1 juta kasus Corona.

Secara keseluruhan, menurut data JHU, total kasus Corona secara global saat ini mencapai lebih dari 32,4 juta kasus. Sedangkan total kematian global mencapai lebih dari 987 ribu orang.

(nvc/idh)