Cegah Terpidana Mati Kabur dari Penjara, 3 Polisi di Mesir Tewas

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 02:29 WIB
ilustrasi penjara
Ilustrasi (Foto: andi saputra)
Mesir -

Mesir mengadakan pemakaman militer pada Kamis untuk tiga polisi yang tewas. Ketiga polisi itu tewas saat sedang mencegah empat terpidana mati yang melarikan diri dari penjara Kairo yang terkenal kejam.

Dilansir dari AFP, Jumat (25/9/2020), keempat pria yang dihukum gantung atas tuduhan teror akan ditembak mati oleh pasukan keamanan dalam upaya melarikan diri. Ini jarang terjadi sebelumnya, karena kompleks penjara Tora yang dijaga ketat, kata kementerian dalam negeri.

Dikabarkan sebelumnya juga telah tewas tiga polisi dalam penggerebekan penjara yang gagal pada hari Rabu, tanpa memberikan keadaan. Pers lokal memuat laporan tentang keluarga yang berkabung saat pemakaman militer diadakan untuk polisi.

Kementerian dalam negeri merilis nama keempat pria yang mencoba melarikan diri.

Tiga dari mereka dijatuhi hukuman mati karena membentuk kelompok militan Islam Ansar al-Sharia dan melakukan serangan terhadap pasukan keamanan antara 2013 dan 2014.

Yang lainnya, yang diduga simpatisan kelompok ISIS, dipenjara karena menikam sampai mati seorang dokter Kristen Koptik di Kairo pada 2017.

Mesir telah memerangi pemberontakan jihadis di provinsi Sinai Utara yang dipelopori oleh afiliasi ISIS setempat sejak penggulingan presiden Islam Mohamed Morsi pada 2013.

Pada Februari 2018, pasukan keamanan melancarkan operasi nasional terhadap militan yang berfokus di wilayah bergolak di Mesir timur.

Lebih dari 930 tersangka militan telah tewas di wilayah itu bersama dengan puluhan personel keamanan, menurut angka resmi.

(eva/eva)