Di Sidang Umum PBB, Erdogan Kecam Keras Israel Atas Penindasan Palestina

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 11:40 WIB
Presiden Reccep Tayib Erdogan (AFP Photo)
Foto: Presiden Reccep Tayib Erdogan (AFP Photo)
Ankara -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara agresif mengecam Israel dalam pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dia menuduh Israel mengulurkan "tangan kotor" ke Yerusalem.

Seperti dilansir The Times of Israel, Rabu (23/9/2020), Erdogan juga mendorong pengunduran diri utusan Israel untuk PBB.

"Perintah pendudukan dan penindasan di Palestina, yang merupakan luka berdarah kemanusiaan, terus melukai hati nurani," kata Erdogan dalam pidato rekamannya yang direkam sebelumnya.

"Tangan kotor yang mencapai privasi Yerusalem, di mana tempat suci tiga agama besar hidup berdampingan, terus meningkatkan keberaniannya," ujarnya.

Saat dia menyampaikan pernyataannya, Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan bangkit dari kursinya dan perlahan meninggalkan aula Sidang Umum. Rekaman pemogokan itu kemudian didistribusikan oleh misi Israel, bersama dengan pernyataan dari Erdogan di mana utusan itu berkata, "Erdogan terus mengeluarkan pernyataan anti-Semitisme dan palsu terhadap Israel. Penting bagi dunia untuk mengakui standar moral ganda yang telah dia jalani selama bertahun-tahun. "

Turki, yang pernah menjadi sekutu kuat Muslim Israel, kini telah menjadi musuh geopolitik Israel di bawah Erdogan.

Tetapi meskipun hubungan Israel-Turki berada di titik nadir, Ankara terus mempertahankan hubungan terbuka dengan negara Yahudi tersebut, termasuk di bidang pariwisata dan perdagangan.

Erdogan dalam pidatonya memuji rakyat Palestina karena "menentang kebijakan penindasan, kekerasan, dan intimidasi Israel selama lebih dari setengah abad".

Pemimpin Turki itu menolak rencana perdamaian Trump sebagai "dokumen penyerahan" dan bersumpah untuk tidak mendukung proposal perdamaian apa pun yang juga tidak didukung oleh Ramallah.

Simak video 'Di Sidang PBB Erdogan Kecam dan Kritik Israel':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2