Jurnalis Ternama AS Andre Vltchek Ditemukan Tewas di Istanbul

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 20:54 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Seorang pembuat film dokumenter Amerika kelahiran Rusia dan jurnalis investigasi ditemukan tewas di dalam mobil di lingkungan Karaköy Istanbul, Turki. Kematiannya disebut mencurigakan.

Dilansir dari Hurriyet Daily News, Selasa (22/9/2020) Andre Vltchek (57) dan istrinya, Indira Vltchek, menyewa mobil untuk melakukan perjalanan ke Istanbul dari provinsi Laut Hitam Samsun, tempat Vltchek menghabiskan waktu beberapa hari.

Dua pengemudi juga ikut menemani selama perjalanan. Ketika mereka tiba di sebuah hotel di Karaköy pada pukul 5:30 pagi waktu setempat, dimana pasangan itu berencana untuk tinggal, Indira Vltchek mencoba membangunkannya. Tapi wartawan itu tidak merespons.

Istri dan sopirnya menelepon layanan darurat untuk meminta bantuan. Tim medis, yang tiba di tempat kejadian, mengumumkan kematian Andre Vltchek.

Polisi menutup jalan tempat insiden itu terjadi, sementara tim investigasi TKP menggeledah daerah tersebut. Polisi mencatat kasus tersebut sebagai "kematian yang mencurigakan" dan melakukan penyelidikan atas kematian jurnalis Amerika tersebut.

Mobil itu ditarik ke tempat parkir kantor polisi untuk penyelidikan lebih lanjut dan tubuhnya dipindahkan ke kamar mayat forensik. Istri dan kedua pengemudi diharapkan memberikan pernyataan mereka terkait insiden tersebut.

Selama hidupnya, Vltchek dikenal sebagai jurnalis yang gigih. Dia kerap mengkritik dan mengungkap kejahatan yang dilakukan Amerika Serikat.

(rdp/ita)