Tokoh Oposisi Belarus Robek Paspor Agar Tak Diusir dari Negaranya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 10:06 WIB
Tokoh oposisi Belarus, Maria Kolesnikova (AFP Photo)
Foto: Tokoh oposisi Belarus, Maria Kolesnikova (AFP Photo)
Kiev -

Otoritas Belarus mencoba untuk secara paksa mengusir tokoh oposisi terkemuka Maria Kolesnikova dari negara itu. Namun, Kolesnikova merobek paspornya dan melompat keluar jendela mobil untuk tetap tinggal.

Seperti dilansir AFP, Rabu (9/9/2020), Kolesnikova, salah satu tokoh terakhir yang masih memimpin protes massa terhadap Presiden Alexander Lukashenko, ditahan di perbatasan pada Selasa (8/9) pagi waktu setempat setelah hilang pada Senin (7/9).

Pejabat perbatasan mengatakan dia telah mencoba melarikan diri dari negara itu, tetapi dua rekannya yang menyeberang ke Ukraina mengatakan dia telah menolak pengusiran itu.

Pada konferensi pers di Kiev, sekretaris pers Dewan Koordinasi oposisi, Anton Rodnenkov, dan sekretaris eksekutifnya Ivan Kravtsov menggambarkan serangkaian peristiwa dramatis ketika ketiganya dibawa ke perbatasan.

Rodnenkov dan Kravtsov mengatakan mereka ditangkap di Minsk saat mereka dalam perjalanan ke flat Kolesnikova pada hari Senin menyusul laporan penculikannya.

Dengan tangan terikat dan tas di atas kepala, kedua pria itu diinterogasi, diancam dengan tindakan hukum dan akhirnya ditawari kesempatan untuk meninggalkan negara itu bersama Kolesnikova, kata Kravtsov.

Selanjutnya
Halaman
1 2