Kasus Corona di Pakistan Mulai Turun, Pakar Kesehatan Malah Bingung

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 12:24 WIB
Kasus Corona di Pakistan mulai turun (AFP Photo)
Foto: Kasus Corona di Pakistan mulai turun (AFP Photo)
Islamabad -

Enam bulan berlalu, kasus virus Corona di Pakistan mulai turun. Hal ini membingungkan para ahli kesehatan setempat dan meredam kekhawatiran di daerah perkotaan yang padat.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/9/2020), menyusul lonjakan awal, jumlah infeksi Corona telah anjlok dalam beberapa pekan terakhir, dengan jumlah kematian akibat COVID-19 mencapai satu digit setiap harinya, sementara negara tetangga, India, menghitung ratusan kematian dalam sehari.

Pakistan memiliki sejarah panjang soal gagal menangani penyakit menular yang tak terhitung jumlahnya seperti polio, tuberkulosis dan hepatitis. Sementara pemerintah berturut-turut telah kekurangan dana untuk sektor perawatan kesehatan selama beberapa dekade.

Selain itu, banyak warga Pakistan yang tinggal di rumah-rumah multi-generasi yang padat atau gedung apartemen yang padat yang memudahkan penyebaran virus Corona.

"Tidak ada yang bisa menjelaskan penurunan ini. Kami tidak memiliki penjelasan konkret," kata Salman Haseeb, seorang dokter di Rumah Sakit Pelayanan di kota timur Lahore.

Selanjutnya
Halaman
1 2