Norwegia Usir Diplomat Rusia Usai Penangkapan Tersangka Spionase

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 11:52 WIB
Ilustrasi bendera Rusia
Foto: Dok. Anadolu Agency
Jakarta -

Pemerintah Norwegia mengusir seorang diplomat Rusia terkait bocornya rahasia negara. Pengusiran ini dilakukan hanya beberapa hari setelah polisi Norwegia menangkap seorang warga negara itu karena memberikan informasi sensitif kepada Rusia yang melibatkan diplomat tersebut.

Dokumen pengadilan menunjukkan bahwa warga Norwegia, yang diidentifikasi sebagai Harsharn Singh Tathgar, mengatakan kepada penyelidik bahwa dia telah menyerahkan informasi dengan imbalan "uang tunai dalam jumlah yang tidak sedikit." Namun dia bersikeras bahwa informasi itu tidak berbahaya bagi kepentingan negara.

Sebelumnya, badan intelijen Norwegia, PST mengatakan pria Norwegia itu "secara resmi dicurigai memberikan informasi ke negara asing," yang kemudian dikonfirmasi adalah Rusia.

"Kami telah memberi tahu Duta Besar Rusia bahwa seorang pegawai kedutaan Rusia tidak diinginkan sebagai diplomat dan akan diminta meninggalkan Norwegia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Norwegia, Siri Svendsen seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (20/8/2020).