Bentrok dengan Patroli Pantai Malaysia, 1 Nelayan Vietnam Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 15:53 WIB
Bendera Vietnam
Ilustrasi (iStock)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia menyatakan bahwa seorang nelayan asal Vietnam tewas akibat terkena tembakan saat bentrok dengan patroli pantai Malaysia. Bentrokan pecah saat patroli pantai Malaysia hendak memeriksa dua kapal yang diyakini melakukan praktik illegal fishing.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/8/2020), Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) dalam pernyataannya menyebut 19 nelayan asal Vietnam ada di atas kapal-kapal yang dicurigai melakukan illegal fishing.

MMEA menuduh para nelayan Vietnam itu melempari kapal patroli pantai Malaysia dengan benda-benda keras dan objek yang mudah terbakar. Tidak hanya itu, kapal nelayan asal Vietnam itu juga akhirnya menabrak kapal patroli pantai Malaysia.

Insiden ini terjadi di perairan dekat wilayah Kelantan. Sejumlah petugas patroli pantai Malaysia merespons tindakan kasar nelayan Vietnam itu dengan melepas tembakan, yang diklaim sebagai pertahanan diri.

Tembakan itu melukai satu nelayan Vietnam, yang akhirnya meninggal dunia akibat luka tembak yang dideritanya.

Disebutkan MMEA bahwa sekitar 18 nelayan Vietnam lainnya ditahan otoritas Malaysia. Mereka akan diselidiki atas berbagai dugaan pelanggaran hukum, termasuk illegal fishing, masuk secara ilegal ke perairan Malaysia dan percobaan pembunuhan.

Belum ada tanggapan resmi dari Kementerian Luar Negeri Vietnam terkait insiden ini.

(nvc/imk)