Malaysia Setop Wisata Medis Usai Kedatangan Mendadak 3 Pasien WNI

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 14:33 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)
Penang -

Otoritas negara bagian Penang di Malaysia melarang masuk warga negara asing yang berniat mencari perawatan medis di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Penghentian sementara aktivitas wisata medis ini dilakukan setelah kedatangan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang ingin berobat di Penang.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/8/2020), Kepala Menteri Penang, Chow Kon Yeow, menjelaskan bahwa larangan wisata medis itu akan berlaku hingga otoritas Penang selesai menyusun prosedur kesehatan dan keamanan baru di tengah pandemi Corona.

Otoritas Penang diketahui tengah memperketat pembatasan pergerakan di beberapa wilayahnya sejak akhir pekan, setelah dilaporkan kasus baru Corona usai tiga bulan lebih tidak melaporkan tambahan kasus.

Dalam pernyataannya, otoritas Penang menyebut bahwa tiga pasien asal Indonesia (WNI) tiba dengan penerbangan khusus pada Jumat (14/8) lalu, untuk menjalani perawatan medis di rumah sakit swasta di wilayah tersebut. Dua pasien diketahui menderita kanker dan satu pasien membutuhkan perawatan segera.

"Pemerintah negara bagian (Penang) sangat menyesalkan karena tidak diberitahu soal kedatangan 'mendadak' para pasien (asal Indonesia-red)," sebut Chow saat mengumumkan larangan wisata medis di Penang.

Tidak disebutkan lebih lanjut apakah tiga pasien asal Indonesia itu dinyatakan positif Corona setibanya di Penang. Namun otoritas Penang memberitahu seluruh pasien untuk mematuhi standar operasional prosedur (SOP).

Ditegaskan Chow bahwa larangan wisata medis di Penang akan berlaku hingga Kementerian Layanan Kesehatan menyelesaikan prosedur dalam menangani pariwisata medis di tengah pandemi Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2