Round-Up

Korea Utara Kukuh Menolak Segala Bentuk Bantuan Bencana

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 21:01 WIB
In this undated photo provided on Monday, July 20, 2020 by the North Korean government, North Korean leader Kim Jong Un, center, visits a construction site of a hospital in Pyongyang, North Korea. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. Korean language watermark on image as provided by source reads:
Foto: Pemimpin Korut Kim Jong Un (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Laporan KCNA menyebut bahwa 39.296 hektare hasil panen rusak dan 16.680 rumah serta 630 gedung publik hancur atau terendam banjir. Disebutkan juga bahwa banyak ruas jalan, jembatan dan rel kereta yang rusak, dan sebuah bendungan pada pembangkit listrik yang tidak disebut lokasinya, jebol. KCNA tidak menyebut lebih lanjut soal korban luka atau korban jiwa akibat hujan deras dan banjir di Korut.

Kim Jong-Un menyampaikan simpati kepada warga Korut yang kini berada di pusat penampungan sementara setelah kehilangan rumah akibat banjir. Dia menyerukan upaya pemulihan segera agar tidak ada satupun warga yang menjadi 'tunawisma' saat Korut merayakan 75 tahun berdirinya Partai Buruh Korea pada 10 Oktober mendatang.

Namun, Kim Jong-Un juga bersikeras menyatakan bahwa perbatasan Korut akan tetap ditutup dan menolak bantuan dari pihak luar, baik terkait pandemi Corona maupun terkait banjir.

"Situasi, di mana penyebaran virus ganas di seluruh dunia semakin memburuk, mengharuskan kita untuk tidak mengizinkan masuk setiap bantuan dari luar untuk kerusakan akibat banjir tapi menutup perbatasan lebih ketat dan melakukan upaya anti-epidemi yang ketat," tegas Kim Jong-Un seperti dilansir KCNA.

Menanggapi hal itu, juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, Cho Hey-sil, menegaskan Korsel tetap bersedia memberikan bantuan kemanusiaan untuk Korut.

Halaman

(rdp/rdp)