Vaksin Corona Akan Diberikan Gratis Bagi Seluruh Warga AS

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 11:36 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi -- Vaksin virus Corona (iStock)
Washington DC -

Jika vaksin virus Corona (COVID-19) terbukti efektif, pemerintah Amerika Serikat (AS) akan memastikan vaksin itu didistribusikan secara gratis kepada seluruh warga AS.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/8/2020), hal tersebut disampaikan oleh seorang pejabat senior Departemen Kesehatan AS, Paul Mango, kepada wartawan dalam pernyataan pada Kamis (13/8) waktu setempat.

Mango menegaskan otoritas AS akan memastikan keamanan setiap vaksin yang akan diberikan kepada warga.

"Kami sama sekali tidak mengurangi kekakuan regulasi yang akan kami evaluasi dan semoga akan menyetujui vaksinnya," ucap Mango yang menjabat Wakil Kepala Staf Kebijakan pada Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS), dalam pernyataannya.

Pemerintah AS diketahui mengucurkan investasi sebesar lebih dari US$ 10 miliar terhadap enam proyek vaksin Corona dan telah menandatangani kontrak yang menjamin pengiriman ratusan juta dosis jika vaksin-vaksin itu lolos uji coba klinis.

Dosis vaksin-vaksin itu nantinya akan dibayar oleh pemerintah AS, demikian juga untuk proses distribusinya. Kemudian dokter atau klinik yang akan memakai vaksin itu akan membayar, namun biaya ini seharusnya sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi swasta dan publik.

Mango menegaskan bahwa 'sebagian besar' perusahaan asuransi komersial telah sepakat untuk membebaskan biaya-biaya tersebut bagi para konsumen mereka.

"Kita berada pada jalur yang benar untuk memberikan ratusan juta dosis pada Januari 2021," sebutnya.

Secara terpisah, Direktur Institut Kesehatan Nasional (NIH), Francis Collins, menyatakan dirinya 'sangat optimis' bahwa setidaknya satu dari enam vaksin yang menjadi investasi AS akan bisa tersedia pada akhir tahun ini.

Simak video 'WHO Akan Tinjau Keamanan Vaksin Buatan Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)