Round-Up

Sosok Cawapres Wanita Kulit Hitam yang Disebut Trump Paling Kejam

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 05:14 WIB
Senator Kamala Harris (D-CA) speaks to reporters after the Senate reached an agreement to end the shut down of the federal government on Capitol Hill in Washington, U.S., January 22, 2018.      REUTERS/Joshua Roberts
Foto: Cawapres AS Kamala Harris (REUTERS/Joshua Roberts)
Washington DC -

Joe Biden resmi menunjuk senator Kamala Harris menjadi cawapresnya pada Pilpres Amerika Serikat (AS). Donald Trump menyebut cawapres pilihan Biden itu kejam.

Biden mulanya pernah berjanji akan memilih calon wapres perempuan. Dia pun memenuhi janjinya itu. "Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih @KamalaHarris - petarung tak kenal takut dan salah satu pegawai negeri terbaik di negara itu - sebagai pasangan saya," ujar Biden seperti dilansir AFP, Rabu (12/8/2020).

Biden mengumumkan Kamala Harris sebagai cawapres lewat akun Twitter-nya. Kamala Harris, 55 tahun, dinilai dapat menarik pemilih wanita, terutama mereka yang berada di pinggiran AS yang telah menjauh dari Donald Trump yang kembali mencalonkan diri sebagai capres AS.

Kamala Harris yang sempat mencalonkan diri untuk pencalonan presiden Demokrat 2020 melawan Biden - mengatakan dia merasa terhormat menjadi cawapres Biden.

"@JoeBiden bisa menyatukan rakyat Amerika karena dia menghabiskan hidupnya berjuang untuk kita. Dan sebagai presiden, dia akan membangun Amerika yang sesuai dengan cita-cita kita," ucap Kamala Harris.

Sementara itu, Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa Harris tidak membuatnya terkesan ketika dia bersaing untuk bursa capres Partai Demokrat dalam pemilihan pendahuluan.

"Saya lebih terkejut dari apa pun karena dia melakukannya dengan sangat buruk," kata Trump, Selasa (11/8).

Trump juga mengatakan bahwa selama sidang konfirmasi Senat 2018 dari Hakim Agung Brett Kavanaugh, Harris adalah "yang paling kejam, paling mengerikan, paling tidak sopan dari siapa pun di Senat AS."

Untuk diketahui, Kamala Harris merupakan perempuan keturunan Afrika dan keturunan Asia pertama yang dipilih sebagai cawapres. Wanita bernama lengkap Kamala Devi Harris ini lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964. Dia adalah seorang politikus dan pengacara Amerika. Dia menjabat sebagai senator junior Amerika Serikat dari California sejak 2017.

Selanjutnya
Halaman
1 2