Nigeria Akhirnya Terima 200 Ventilator dari Trump, Dijanjikan Sejak April

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 18:11 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggelar jumpa pers terkait virus Corona. Namun jumpa pers itu sempat dihentikan sementara karena ada penembakan di luar gedung putih.
Presiden AS Donald Trump (Foto: AP Photo/Andrew Harnik)
Jakarta -

Nigeria akhirnya menerima bantuan 200 ventilator dari Amerika Serikat untuk membantu negara itu melawan virus Corona. Bantuan ini merupakan janji yang disampaikan oleh Presiden Donald Trump pada bulan April lalu.

Seperti dilansir dari AFP, Rabu (12/8/2020), bantuan tersebut telah diterima oleh Menteri Kesehatan Nigeria dari Kedubes AS untuk Nigeria.

"Barang tersebut diterima oleh Menteri Kesehatan, Dr. Osagie Ehanire, dari Duta Besar AS untuk Nigeria, Nona Mary Leonard, di Abuja kemarin," kata seorang pejabat senior di kantor menteri kepada AFP.

Ehanire menurut sumber itu, berterima kasih atas bantuan dan kemurahan hati dari Donald Trump tersebut.

"Terima kasih kepada Presiden Donald Trump dan pemerintah AS atas perhatian yang murah hati dan sikap ramah," tambah sumber itu.


Sebelumnya, diketahui, Trump membuat janji soal bantuan ventilator dalam percakapan telepon dengan Presiden Nigeria Muhammadu Buhari pada 28 April.

Virus Corona muncul di Nigeria, negara terpadat di Afrika dengan sekitar 200 juta penduduk, pada akhir Februari. Jumlah kasus infeksi virus Corona saat ini mencapai 47.290 kasus, di mana 956 di antaranya meninggal dunia.

(rdp/ita)