Pejabatnya Kena Sanksi, China Balas Blacklist Senator AS

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 16:37 WIB
Pria Singapura mengaku jadi mata-mata China di AS
Foto: China dan AS (BBC World)
Beijing -

China memberikan sanksi kepada 11 orang Amerika Serikat (AS), termasuk senator Marco Rubio dan Ted Cruz. Mereka semua masuk blacklist. Sanksi ini merupakan pembalasan atas tindakan serupa AS terhadap para pejabat China atas masalah di Hong Kong.

"China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi pada beberapa orang yang berperilaku buruk pada masalah terkait Hong Kong," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian Senin (10/8/2020), seperti dilansir AFP.

Direktur Human Rights Watch Kenneth Roth dan presiden Endowment Nasional untuk Demokrasi Carl Gershman juga masuk dalam daftar tersebut.

Sebelumnya, AS telah mengumumkan pada hari Jumat (9/8/2020) bahwa mereka membekukan aset-aset AS dari Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam dan 10 pejabat senior China lainnya. Mereka dimasukkan blacklist usai UU Keamanan baru di Hong Kong diberlakukan.

AS menuduh Lam dan para pejabat lain yang dijatuhi sanksi "secara langsung bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan penindasan kebebasan dan proses demokrasi Beijing."

Zhao pada hari Senin (10/8) mengatakan langkah AS "sangat mencampuri urusan dalam negeri China dan secara serius melanggar hukum internasional."

(rdp/ita)