20 Orang Tewas Akibat Serangan Udara di Yaman, Termasuk 7 Anak-anak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 10:40 WIB
UNICEF: Tanpa Bantuan Segera, Jutaan Anak Yaman Terancam Kelaparan
ilustrasi anak di Yaman (Foto: DW (SoftNews))
Jakarta -

Tujuh anak-anak termasuk di antara 20 orang yang tewas dalam serangan udara di Yaman utara. Demikian disampaikan kelompok pemberontak Houthi dan sebuah organisasi kemanusiaan.

Serangan pada Kamis (6/8) waktu setempat itu menargetkan provinsi Al-Jawf, timur laut ibu kota Yaman, Sanaa yang dikuasai pemberontak. Demikian disampaikan juru bicara Kementerian Kesehatan Houthi seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (8/8/2020).

Seorang pejabat kesehatan setempat mengatakan kepada kantor berita Saba yang dikelola Houthi, bahwa 20 orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka, dengan sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. Serangan itu menargetkan konvoi empat mobil sipil di Al-Jawf, kata pejabat tersebut.

Beberapa warga yang dihubungi AFP mengonfirmasi perempuan dan anak-anak tewas dalam serangan udara, yang menurut mereka menghantam rumah-rumah permukiman.

Organisasi kemanusiaan Save the Children mengatakan tujuh anak termasuk di antara 20 orang yang tewas, sementara beberapa lainnya, kebanyakan perempuan dan anak-anak, terluka parah dalam serangan udara tersebut.

"Dalam waktu kurang dari sebulan setidaknya 17 anak telah kehilangan nyawa mereka akibat serangan tanpa pandang bulu di Yaman," kata Xavier Joubert, direktur badan amal Inggris tersebut di Yaman.

Selanjutnya
Halaman
1 2