Serangan Udara di Yaman Tewaskan 5 Anak, Houthi Salahkan Arab Saudi

Rakhmad Hidayatulloh Permana, Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 11:03 WIB
AL KHAWKHAH, YEMEN - SEPTEMBER 18: Fatima Ali sits with her daughter, Namih, who is undergoing treatment for severe acute malnutrition at a health clinic on September 18, 2018 in Al Khawkhah, Yemen. Ali and her daughter fled fighting in Haiz, a frontline in Hodeidah province, and have been displaced from their home for nine months. A coalition military campaign has moved west along Yemens coast toward Hodeidah, where increasingly bloody battles have killed hundreds since June, putting the countrys fragile food supply at risk. (Photo by Andrew Renneisen/Getty Images)
Foto: Anak-anak korban konflik Yaman (Getty Images)
Yaman -

Belasan orang termasuk lima anak-anak, tewas pada hari Rabu (15/7/2020) waktu setempat dalam serangan udara di provinsi Al-Jawf, Yaman utara. Insiden tragis ini dilaporkan oleh sumber-sumber pemerintah dan pejabat medis setempat.

"Setidaknya 12 orang, termasuk empat wanita dan lima anak-anak, tidak sengaja terbunuh di kota Al-Hazm," sekitar 100 kilometer (60 mil) timur laut ibukota Sanaa," kata satu sumber pemerintah seperti dilansir AFP, Kamis (16/7).

Yaman telah terseret dalam perang saudara sejak 2014 yang mengadu domba pemerintah - didukung oleh koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi yang memberikan dukungan udara - dengan pemberontak Houthi yang didukung Iran, yang menguasai sebagian besar wilayah utara, termasuk ibu kota Yaman, Sanaa.

Sumber pemerintah menambahkan bahwa serangan udara itu menghantam daerah perumahan sekitar tiga kilometer dari medan pertempuran antara Houthi dan pasukan pro-pemerintah.

Sumber medis mengkonfirmasi bahwa setidaknya 12 orang tewas, di antaranya wanita dan anak-anak. Pemberontak Houthi menyalahkan koalisi yang dipimpin Saudi atas kematian warga sipil itu.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan tujuh anak-anak dan dua wanita telah tewas dalam serangan udara pada hari Minggu (12/7) di Hajjah barat laut.

Menurut OCHA, dua wanita dan dua anak lainnya terluka dalam serangan itu. Para ahli PBB menuduh kedua belah pihak bertanggung jawab dalam konflik kejahatan perang Yaman yang sudah berlangsung lima tahun itu.

Tonton video '100 Orang Tewas dalam Serangan Udara Koalisi Arab':

Selanjutnya
Halaman
1 2