Ledakan Besar Beirut Tewaskan 27 Orang, Ribuan Lainnya Luka-luka

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 02:38 WIB
EDITORS NOTE: Graphic content / A helicopter puts out a fire at the scene of an explosion at the port of Lebanons capital Beirut on August 4, 2020. (Photo by STR / AFP)
Foto: Dampak ledakan besar Beirut, Lebanon (AFP/STR)
Beirut -

Ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon, menimbulkan puluhan orang tewas. Sementara itu, ribuan orang lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/8/2020), dua ledakan yang mengguncang Beirut menewaskan 27 orang dan 2.500 lainnya terluka, menurut "perkiraan awal" yang diumumkan oleh Menteri Kesehatan Hamad Hassan.

"Ini adalah bencana dalam setiap arti kata," kata Hamad Hassan dalam sebuah wawancara dengan beberapa saluran televisi saat mengunjungi sebuah rumah sakit di Ibu Kota Lebanon.

Sementara itu, masih dilansir dari AFP, ledakan besar Beirut diduga disebabkan oleh bahan peledak yang disita bertahun-tahun lalu dan disimpan di pelabuhan kota, kata Kepala Keamanan Umum Abbas Ibrahim.

"Tampaknya ada gudang yang berisi material yang disita bertahun-tahun lalu, dan tampaknya itu adalah material yang sangat mudah meledak," kata Abbas, seraya menambahkan bahwa akan melakukan penyelidikan terkait ledakan.

Sebelumnya diberitakan sebuah ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon. Ledakan menggetarkan gedung-gedung, menghancurkan jendela-jendela, dan menimbulkan kepulan asap besar ke langit.

Laporan media Lebanon menampilkan gambar orang-orang yang terperangkap di bawah puing-puing, beberapa berlumuran darah, setelah adanya ledakan besar. Penyebab ledakan belum diketahui.

Ledakan besar itu terjadi di daerah pelabuhan di Beirut. Ledakan terasa di sebagian besar kota dan beberapa distrik di Beirut mengalami listrik padam.

(rfs/rfs)