Ledakan Besar Beirut Lebanon Terjadi 2 Kali, Puluhan Orang Terluka

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 23:56 WIB
Ledakan guncang Beiru Lebanon. (Photo by Anwar AMRO / AFP)
Foto: Korban ledakan besar di Beirut, Lebanon (AFP/ANWAR AMRO)
Beirut -

Ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon, terjadi dua kali. Ledakan Beirut mengguncang bangunan, menimbulkan asap yang mengepul ke langit dan menyebabkan puluhan orang terluka.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (4/8/2020), sumber keamanan mengonfirmasi bahwa dua ledakan mengguncang area pelabuhan Beirut sehingga menyebabkan puluhan orang terluka. Penyebab ledakan hingga kini belum diketahui.

Seorang koresponden AFP di lokasi kejadian mengatakan setiap toko di distrik komersial Hamra mengalami kerusakan akibat ledakan besar Beirut. Kondisi toko hancur di bagian depan, jendela pecah dan banyak mobil rusak.

Orang-orang yang terluka berjalan di jalanan. Di luar kantor Pusat Medis Clemenceau, lusinan orang yang terluka--banyak yang berlumuran darah--bergegas masuk ke kantor bersama anak-anak.

Koresponden AFP melaporkan mobil-mobil hancur di jalan dengan airbag yang menggembung. Kepulan asap hitam menyelimuti seluruh area pelabuhan.

Ledakan besar di daerah pelabuhan Beirut terasa di seluruh kota dan beberapa distrik listrik mengalami pemadaman.

"Bangunan bergetar," cuit seorang penduduk, sementara yang lain menulis: "Sebuah ledakan besar dan memekakkan telinga melanda Beirut. Terdengar dari jauh."

Cuplikan video daring dari kantor surat kabar Lebanon memperlihatkan jendela-jendela yang pecah, perabotan yang berserakan, dan panel interior yang hancur.

(rfs/gbr)