Kamboja Larang Penerbangan dari Indonesia dan Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 11:38 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)
Phnom Penh -

Otoritas Kamboja akan melarang sementara seluruh penerbangan dari Malaysia dan Indonesia untuk membatasi penyebaran virus Corona (COVID-19). Larangan penerbangan sementara ini akan mulai berlaku efektif sejak 1 Agustus mendatang.

Seperti dilansir The Star, Senin (27/7/2020), dalam pengumuman yang dirilis Sabtu (25/7) waktu setempat, Kementerian Kesehatan Kamboja menyatakan pihaknya melaporkan adanya lonjakan kasus impor (penularan di luar negeri) dalam sepekan terakhir, khususnya dari Malaysia dan Indonesia.

Dari 108 penumpang yang dinyatakan positif Corona setelah tiba di Kamboja via Malaysia dan Indonesia, disebutkan bahwa 55 orang di antaranya menumpang pesawat dari Malaysia.

Otoritas Kamboja juga mengonfirmasi 8 kasus Corona lainnya yang berasal dari para penumpang dua pesawat terpisah dari Indonesia. Maskapainya tidak disebutkan lebih lanjut.

Data penghitungan Kementerian Kesehatan Kamboja mencatat total 225 kasus Corona kini tercatat di Kamboja. Pada Sabtu (25/7) waktu setempat, Kamboja melaporkan 23 kasus Corona dalam sehari. Sejauh ini, Kamboja masih melaporkan nol kematian akibat Corona di wilayahnya.

Dituturkan juru bicara Kementerian Kesehatan Kamboja, Or Vandine, seperti dilansir Xinhua News Agency, menyebut bahwa 8 kasus Corona yang muncul dari dua penerbangan terpisah dari Indonesia itu, terdiri atas empat warga Kamboja dan empat warga Indonesia. Penerbangan itu mendarat di Phnom Penh pada 23 Juli lalu.

Vandine menambahkan bahwa 199 penumpang lainnya dalam dua penerbangan yang sama, telah ditempatkan di bawah karantina wajib selama 14 hari di berbagai pusat karantina yang ada di Phnom Penh.

Disebutkan Vandine bahwa dari 225 kasus Corona, sebanyak 143 pasien telah sembuh dan 82 pasien lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Tonton video 'Jet Tempur Amerika Serikat Teror Pesawat Penumpang Iran':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)