China Catat 61 Kasus Corona dalam Sehari, Sebagian Besar di Xinjiang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 09:58 WIB
Kebijakan lockdown di kawasan Wuhan berakhir pada 8 April 2020. Area transportasi seperti stasiun hingga bandara di wilayah itu pun kembali ramai oleh penumpang.
Ilustrasi (AP Photo/Ng Han Guan)
Beijing -

Otoritas China melaporkan 61 kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Dari jumlah itu, sebagian besar tercatat muncul di wilayah Xinjiang, yang selama ini menjadi tempat tinggal etnis minoritas muslim Uighur.

Seperti dilansir Reuters dan Xinhua News Agency, Senin (27/7/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan bahwa 61 kasus baru Corona itu tercatat sepanjang Minggu (26/7) waktu setempat, dan terdiri atas empat kasus impor (penularan di luar negeri) dan 57 kasus penularan lokal.

Angka 61 kasus Corona dalam sehari ini, menurut AFP, tercatat sebagai tambahan kasus harian tertinggi di China sejak 14 April, saat negara ini mencatat 89 kasus dalam sehari.

Lebih lanjut, NHC melaporkan bahwa 41 kasus di antara merupakan kasus penularan lokal di wilayah Xinjiang. Sebanyak 14 kasus lainnya tercatat di Provinsi Lianong dan dua kasus tercatat di Provinsi Jilin.

Disebutkan NHC bahwa 41 kasus baru Corona di Xinjiang itu semuanya muncul di area ibu kota Urumqi. Tidak disebutkan lebih lanjut apakah kasus-kasus Corona itu juga muncul di kalangan warga Uighur. Diketahui bahwa Xinjiang juga menjadi tempat tinggal beberapa etnis minoritas lainnya.

Xinjiang juga melaporkan 38 kasus baru tanpa gejala (asymptomatic), namun angka ini tidak masuk dalam daftar penghitungan resmi otoritas China.

Dengan adanya tambahan kasus tersebut, maka hingga Minggu (26/7) waktu setempat, Xinjiang mengonfirmasi total 178 kasus Corona. Otoritas Xinjiang juga melaporkan total 170 kasus tanpa gejala dan sebanyak 8.795 orang berada di bawah pemantauan medis di wilayah ini.

NHS tidak melaporkan adanya kematian akibat Corona dalam 24 jam terakhir di wilayahnya. Secara keseluruhan, total kasus Corona di wilayah China daratan kini mencapai 83.891 kasus, dengan total 4.634 kematian.

Tonton video'Vaksin China Disebut Menjanjikan, Trump Siap Kerja Sama':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/dnu)