China Bela Palestina, Tolak Keras Rencana Israel Caplok Tepi Barat

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 09:38 WIB
Duta Besar China Zhang Jun (Dok. China Mission to UN)
Foto: Duta Besar China Zhang Jun (Dok. China Mission to UN)
Jenewa -

Duta Besar China untuk Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) berbicara di komunitas internasional tentang rencana aneksasi Israel. China secara tegas menentang rencana aneksasi wilayah Tepi Barat oleh Israel.

Seperti surat kabar Israel haaretz, Rabu (22/7/2020) China "sangat prihatin dengan laporan rencana pencaplokan sebagian wilayah Palestina yang diduduki Israel,". Hal ini disampaikan oleh Duta Besar China Zhang Jun di Dewan Keamanan PBB yang memberikan pengarahan tentang situasi di Timur Tengah.

"Rencana semacam itu, jika dilaksanakan, akan secara serius melanggar hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan, dan mengganggu solusi dua negara. Kami mendesak pihak terkait untuk menahan diri dari mengambil tindakan sepihak, dan melakukan yang terbaik untuk mengurangi konflik dan ketegangan," kata Zhang Jun.

"Juga posisi tegas kami bahwa tidak ada negara yang seharusnya mendukung tindakan sepihak," kata Jun menambahkan.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Palestina Abbas (Dok. China Mission to UN)Presiden China Xi Jinping dan Presiden Palestina Abbas (Dok. China Mission to UN)

Menurutnya, penting untuk menghentikan kegiatan permukiman di kawasan itu dan pembongkaran struktur Palestina.

"Sama pentingnya untuk menghentikan kegiatan permukiman, pembongkaran struktur Palestina, dan kekerasan terhadap warga sipil," ujarnya.

Tonton video 'Palestina Tak Muncul di Maps, #FreePalestine Menggema':

Selanjutnya
Halaman
1 2