Kasus Corona Naik, Otoritas Kanada Soroti Ramainya Bar dan Klub Malam

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 04:57 WIB
A sporting goods store clerk (L) explains shopping rule to a customer May 19, 2020 in Ottawa, Canada. - Ontario, Canadas most populous province, is allowing stores with street access to reopen, along with hospital surgery rooms, dog parks and golf courses. (Photo by Dave Chan / AFP)
Ilustrasi (Foto: Situasi di Ottawa, Kanada saat pandemi (AFP/DAVE CHAN)
Ottawa -

Pejabat Kesehatan setempat mengungkapkan terjadi lonjakan kasus baru Corona di Kanada. Penularan mayoritas terjadi di kelompok anak muda yang berkumpul di bar, klub malam dan di tempat-tempat pesta.

"Ketika kami mengamati tren terkini dalam pelaporan kasus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setelah periode penurunan yang stabil, jumlah kasus harian kembali menunjukkan peningkatan," kata wakil kepala petugas kesehatan masyarakat, Howard Njoo seperti dilansir Reuters, Sabtu (18/7/2020).

Njoo mengatakan pada pakan lalu, tambahan kasus harian ada pada kisaran 350 kasus. Namun pada Kamis (16/7) waktu setempat, lebih dari 430 tambahan kasus baru Corona.

"Ini bertepatan dengan meningkatkan laporan tentang adanya penularan COVID di lokasi pesta, klub malam dan bar. Serta meningkatnya tingkat penularan di kalangan remaja Kanda," kata Njoo.

Njoo mengatakan berkumpul di bar dan klub malam bukanlah cara yang tepat untuk mengisi kegiatan di musim panas. Dia menyebut bar dan klub malam adalah tempat yang berpotensi sebagai pusat penularan Corona.

"Bernyanyi, bergaul dan berdansa dalam kontak dekat dengan orang lain di ruang tertutup dan tempat ramai bukan cara untuk berpesta di musim panas. Ini ada tempat yang berpotensi terjadinya pusat penularan Corona," kata dia.

Hingga saat ini, Kanada melaporkan 109.266 kasus positif Corona dengan total 8.827 kematian. Angka ini tentu jauh di bawah kasus Corona yang terjadi di Amerika Serikat.

(lir/lir)