Bentrok dengan Kelompok Militan, 4 Tentara Pakistan Tewas

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 05:27 WIB
Army soldiers arrive at a street after suicide bombers attacked a Christian neighbourhood in Khyber Agency near Peshawar, Pakistan, September 2, 2016. REUTERS/Fayaz Aziz
Ilustrasi tentara Pakistan (Foto: REUTERS/Fayaz Aziz)
Islamabad -

Sebanyak empat orang tentara Pakistan tewas dalam bentrokan dengan kelompok militan. Bentrokan itu terjadi di wilayah barat laut, dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Dilansir dari AFP, Minggu (12/7/2020), peristiwa itu terjadi di Kota Miranshah, ibu kota Distrik Waziristan Utara, tempat beberapa operasi militer telah diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir terhadap kelompok militan lokal maupun asing. Bentrokan terakhir terjadi saat pasukan keamanan melakukan operasi di tempat persembunyian kelompok militan di daerah tersebut.

"Segera setelah pasukan menutup daerah itu, mereka diserang. Semua teroris yang digiring keluar ditembak oleh pasukan keamanan," kata militer Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Pihak tentara menyebut selama baku tembak, "empat tentara mengucapkan syahadat" atau mati syahid. Keterangan dari pihak militer menambahkan, empat 'teroris' juga tewas dalam bentrokan tersebut.

Pakistan telah berperang melawan pemberontakan di dalam negeri selama lebih dari satu dekade. Ribuan warga sipil dan personel keamanan tewas dalam serangan-serangan ekstremis.

Kekerasan di Pakistan telah berkurang sejak serangan militer di kawasan itu, namun kelompok-kelompok militan masih bisa melakukan serangan yang terisolasi. Daerah itu juga dikenal dengan ketersediaan senjata murah, obat-obatan, dan barang-barang selundupan.

(azr/azr)