Adik Perempuan Kim Jong-Un Tegaskan Pertemuan Korut-AS Tak Perlu

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 15:51 WIB
Kim Yo Jong, the sister of North Koreas leader Kim Jong Un, arrives for a banquet in Seoul, South Korea February 11, 2018.   Yonhap via REUTERS   ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. SOUTH KOREA OUT. NO RESALES. NO ARCHIVE.
Kim Yo-Jong (Yonhap via REUTERS)
Pyongyang -

Kim Yo-Jong, adik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, menegaskan 'tidak perlu' digelar pertemuan lain dengan Amerika Serikat (AS). Dia menyatakan pertemuan tidak perlu digelar lagi kecuali AS menawarkan 'perubahan tegas' dalam pendekatannya terhadap Korut.

Kim Jong-Un dan Presiden Donald Trump pertama kali bertemu di Singapura sekitar dua tahun lalu, untuk merundingkan penghentian program nuklir Korut. Perundingan itu buntu setelah pertemuan kedua yang digelar di Hanoi, Vietnam, awal tahun 2019 tidak menghasilkan kesepakatan bersama.

Pekan ini, Trump menyatakan dirinya 'pasti' bertemu kembali dengan Kim Jong-Un 'jika saya pikir itu bisa membantu'. Komentar ini disampaikan setelah beredar spekulasi bahwa Trump berniat menggelar pertemuan lain dengan Kim Jong-Un jika itu bisa menambah kesempatannya memenangkan pemilihan presiden (pilpres) AS yang akan digelar November mendatang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (10/7/2020), Kim Yo-Jong memberikan tanggapannya dalam pernyataan yang dilansir kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA). Kim Yo-Jong beberapa waktu terakhir mencuat sebagai salah satu penasihat terdekat Kim Jong-Un, kakaknya sendiri.

"Tidak perlu bagi kita untuk duduk berseberangan dengan AS sekarang," tegas Kim Yo-Jong dalam pernyataannya.

Jika pertemuan semacam itu digelar, Kim Yo-Jong menilai 'itu terlalu jelas hanya akan dimanfaatkan sebagai sarana pembualan yang membosankan demi kebanggaan seseorang'.

Tonton video 'Kim Jong-un Muncul ke Publik, Trump Irit Komentar':

Selanjutnya
Halaman
1 2