Positif Corona, Presiden Brasil Mengaku Membaik Usai Minum Obat Malaria

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 14:57 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro kerap meremehkan bahaya dari virus Corona (COVID-19). Namun, kini Bolsonaro dinyatakan positif setelah dites Corona usai mengalami gejala demam.
Foto: Presiden Brasil Jair Bolsonaro (AP Photo/Eraldo Peres)
Sao Paulo -

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang terinfeksi virus Corona (COVID-19), mengatakan kondisinya "sangat baik" usai meminum obat malaria yang kontroversial. Dia bahkan menyarankan pasien Corona untuk memakai obat itu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (10/7/2020) Bolsonaro menyampaikan pengakuannya itu lewat akun Facebooknya pada hari Kamis (9/7). Dia tampak dalam kondisi baik dan tidak ditemani--seperti yang sering tampak--oleh menteri atau pejabat senior, dan penerjemah bahasa isyarat yang biasanya ada.

Sejak awal pandemi, presiden sayap kanan itu telah meremehkan keseriusan virus Corona dan mengkritik seruan tinggal di rumah yang diperintahkan para gubernur negara-negara bagian Brasil.

Bolsonaro mengatakan bahwa setelah merasa tidak sehat pada akhir pekan lalu, dia mulai minum satu tablet hydroxychloroquine setiap hari.

Obat tersebut, awalnya dinyatakan untuk mengobati malaria, namun telah didorong sebagai obat untuk COVID-19 di banyak negara - tetapi efektivitasnya belum terbukti secara resmi dan masalah ini memecah belah komunitas ilmiah global.

"Saya mengatakan ini dengan sangat jelas," kata Bolsonaro dalam video di akun Facebooknya itu.

"Saya meminum (hydroxychloroquine) dan itu berhasil, dan saya baik-baik saja, terima kasih Tuhan. Dan biarkan mereka yang mengkritiknya setidaknya menawarkan alternatif," lanjutnya.

Tonton video 'Positif Corona, Presiden Brasil Minum Obat Malaria':

Selanjutnya
Halaman
1 2