UU Keamanan Hong Kong yang Disahkan China Bikin Takut Warga Taiwan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 15:14 WIB
Polisi bekuk ratusan orang yang ikut dalam aksi di hari peringatan 1 Juli. Demonstran pro-demokrasi gelar aksi protes terkait disahkannya UU Keamanan Nasional.
Foto: UU Keamanan Nasional Hong Kong (AP Photo)
Hong Kong -

Pemberlakuan Undang-undang Keamanan Nasional baru di Hong Kong telah mengirim rasa ketakutan hingga ke Taiwan. Warga Taiwan takut China akan merebut negara pulau itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (7/7/2020) China dan Taiwan berpisah pada tahun 1949 setelah pasukan nasionalis kalah perang saudara dengan komunis Mao Zedong, melarikan diri ke pulau yang sejak saat itu terus direbut oleh China.

"Undang-undang itu membuat saya semakin tidak menyukai China," kata salah seorang mahasiswa berusia 18 tahun Sylvia Chang dari Universitas Nasional Taiwan di Taipei.

"Mereka telah berjanji 50 tahun tidak akan berubah untuk Hong Kong tetapi mereka menjadi semakin keras... Saya khawatir Hong Kong hari ini bisa jadi Taiwan besok," lanjutnya.

Selama bertahun-tahun China menggunakan campuran ancaman dan bujukan, termasuk janji bahwa Taiwan dapat memiliki model "Satu Negara, Dua Sistem" yang mengatur Hong Kong, yang seharusnya menjamin kebebasan sipil dan tingkat otonomi selama 50 tahun setelah kota itu diserahkan pada tahun 1997.

Kedua partai politik terbesar di Taiwan sejak lama menolak tawaran itu, dan undang-undang keamanan yang baru telah membakar apa yang masih tersisa sedikit dari kepercayaan banyak orang Taiwan.

Selanjutnya
Halaman
1 2