Kejagung Periksa Tersangka Kasus Korupsi Danareksa Sekuritas

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 21:47 WIB
Gedung Bundar Kejaksaan Agung
Kejaksaan Agung (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Kejaksaan Agung terus mendalami kasus dugaan korupsi PT Danareksa Sekuritas kepada PT. Aditya Tirta Renata tahun 2014- 2015. Hari ini penyidik melakukan pemeriksaan saksi terhadap tersangka Direktur PT Aditya Tirta Renata, Zakie Mubarak Yos.

"Tersangka yang hari ini diperiksa atau diminta keterangannya adalah Zakie Mubarak Yos selaku Direktur PT. Aditya Tirta Renata," kata Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono, Senin (6/7/2020).

Hari mengatakan pemeriksaan tersebut untuk melengkapi alat bukti yang ditentukan undang undang seperti keterangan saksi, keterangan ahli, surat, keterangan tersangka dan persangkaan.

Selain itu keterangan tersangka yang diperiksa dapat digunakan untuk jadi alat bukti guna dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian keuangan negara pada proses pemberian fasilitas pembiayaan dari PT. Danareksa Sekuritas kepada PT. Aditya Tirta Renata tahun 2014- 2015.

Sebelumnya Kejaksaan Agung (Kejagung) menahan mantan Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Marciano Herdondrie Herman terkait kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas pembiayaan dari PT Danareksa Sekuritas pada 2 debitur, yaitu PT Aditya Tirta Renata dan PT Evio Sekuritas. Penahanan dilakukan selama 20 hari.

Dari keterangan tertulis yang diberikan Kejagung, ada 4 tersangka yang ditahan. Keempatnya adalah:
1. Mantan Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Marciano Herdondrie Herman
2. Komisaris PT Aditya Tirta Renata sekaligus pemilik modal PT Evio Sekuritas, Renniew AR Latief
3. Direktur PT Aditya Tirta Renata Zakie Mubarak
4. Mantan Direktur Operasional Finance PT Danareksa Sekuritas Erizal

Hari mengatakan tersangka Rennier dan Zakie ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung. Sedangkan kedua tersangka lainnya, yakni Marciano dan Erizal, ditahan di Rutan Cipinang Cabang KPK.

(yld/eva)