Round-Up

Kisah Keluarga Tentara India Ungkap Horor Bentrokan di Perbatasan dengan China

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 21:05 WIB
Tentara China dan India baku hantam di wilayah perbatasan yang dipersengketakan
Foto: Tentara India dan China bentrok (BBC World)

Namun beberapa pejabat pemerintah India yang enggan disebut namanya, menuturkan kepada Reuters bahwa konflik berawal saat komandan resimen Bihar memimpin pasukan kecil untuk melakukan patroli demi memeriksa apakah China memenuhi janji untuk menarik diri dari lokasi sengketa dan membongkar struktur yang dibangun China di lokasi itu. Tapi tiba-tiba tentara India diserang tentara China dengan tongkat besar dan tingkat pemukul dari kayu yang dipasangi paku.

Salah satu kerabat tentara yang mendampingi komandan pasukan, Kolonel Santosh Babu, ke lokasi pembangunan dua tenda oleh tentara China, menuturkan bahwa tentara-tentara India melakukan patroli tanpa senjata. Mereka berhadapan dengan tentara China yang berjaga di sana dan terjadinya adu argumen.

Babu tewas dalam bentrokan itu. Salah satu tentara yang juga dikerahkan ke lokasi menuturkan kepada Reuters bahwa patroli tentara India itu kalah jumlah dari PLA. "Pihak China membuat orang-orang kali kewalahan karena jumlah yang sangat banyak," tutur tentara yang enggan disebut namanya itu, berdasarkan informasi dari pesan radio yang dia dengar soal pengerahan tentara tambahan ke Ladakh.


Keterangan juru bicara Kementerian Luar Negeri China balik menyalahkan India atas bentrokan itu. Disebutkan bahwa tentara India melanggar batas perbatasan de facto dan memprovokasi tentara China. "Saat pejabat dan tentara China pergi ke sana untuk berunding, mereka tiba-tiba dan secara kasar diserang oleh tentara India. Benar dan salah dalam insiden ini sangat jelas. Tanggung jawab jelas tidak ada pada pihak China," tegas juru bicara itu.

Halaman

(rdp/rdp)