Round-Up

Kisah Keluarga Tentara India Ungkap Horor Bentrokan di Perbatasan dengan China

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 21:05 WIB
Tentara China dan India baku hantam di wilayah perbatasan yang dipersengketakan
Foto: Tentara India dan China bentrok (BBC World)

Seorang ayah dari tentara yang tewas menuturkan bahwa salah satu tentara India digorok lehernya dengan paku logam di tengah kegelapan. Sang ayah ini mengaku mendapat informasi itu dari sesama tentara yang ada di lokasi.

Beberapa tentara India lainnya dilaporkan tewas usai terjatuh ke dalam Sungai Galwan yang dingin. Menurut pejabat pemerintahan di New Delhi, beberapa jenazah tentara India dievakuasi dari Sungai Galwan keesokan paginya. Beberapa dari mereka dilaporkan tewas akibat hipotermia.

Pemerintah India sebelumnya menyebut bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), tentara China, bertindak secara terencana. Namun tidak ada informasi detail yang disampaikan ke publik soal bentrokan tersebut.

Reuters telah menghubungi rumah sakit militer di wilayah Ladakh, India, yang menjadi tempat jenazah tentara yang tewas dibawa. Pihak rumah sakit menolak berkomentar soal penyebab kematian dan menegaskan jenazah-jenazah itu telah diserahkan kepada keluarga masing-masing dengan sertifikat kematian mereka.

Reuters juga berbicara kepada dua tentara di Resimen Bihar yang dikerahkan ke lokasi bentrokan. Dua tentara ini tidak terlibat bentrokan, namun mengawal jenazah koleganya yang tewas. Dua tentara ini tidak bisa disebut identitasnya karena ada aturan yang melarang mereka bicara soal urusan militer. Kementerian Pertahanan India belum juga memberikan komentar kepada Reuters soal bentrokan yang terjadi 15 Juni lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3