WHO Kembali Peringatkan Perang Melawan Corona Masih Panjang

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 03:10 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus
Foto: Tedros Adhanom Ghebreyesus (FABRICE COFFRINI / AFP)
Jenewa -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan negara-negara masih akan terus berjuang melawan penyebaran virus Corona (COVID-19). WHO juga memperingatkan negara yang mengalami lonjakan kasus Corona menyusul kebijakan pelonggaran lockdowm.

"Beberapa negara... telah mengambil pendekatan yang terfragmentasi. Negara-negara ini menghadapi jalan yang panjang dan berat ke depan," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam briefing virtual dari kantor WHO di Jenewa, seperti dilansir Reuters, Kamis (2/7/2020).

Lebih dari 10,5 juta penduduk dunia telah terinfeksi virus Corona. Tedros mengatakan penularan lokal tidak bisa dihindari karena beberapa negara telah melakukan pelonggaran lockdown.

"Tetapi negara-negara yang memiliki sistem untuk menerapkan pendekatan komprehensif harus dapat menahan penularan lokal dan menghindari untuk memberlakukan kembali pembatasan secara luas," katanya.

Pakar kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan bahwa badan AS berencana untuk mengirim dua ahli dari kantor pusat untuk bergabung dengan tim negaranya di China dalam misi mencari asal usul virus Corona.

Tonton video 'Setengah Juta Kematian Akibat Covid-19, WHO: Yang Terburuk Belum Datang':

Selanjutnya
Halaman
1 2