International Updates

Trump Makin Marah ke China, 150 Anggota Kerajaan Arab Saudi Positif Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 17:54 WIB
Hubungan Presiden AS Donald Trump-Presiden China Xi Jinping memanas. Keretakan hubungan diplomasi itu karena Trump kecewa dengan China terkait virus Corona.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Presiden AS Donald Trump menyebut dirinya "semakin marah pada China" karena penyebaran virus Corona. Hal ini disampaikan Trump seiring para pejabat kesehatan AS mengingatkan bahwa mereka tidak berada dalam kendali "total" pandemi tersebut.

"Ketika saya menyaksikan pandemi menyebarkan wajahnya yang buruk di seluruh dunia, termasuk kerusakan luar biasa yang terjadi pada AS, saya menjadi semakin marah pada China," demikian cuitan Trump di Twitter seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (1/7/2020).

Pernyataan-pernyataan Trump yang menyalahkan China atas pandemi Corona, telah meningkatkan ketegangan antara kedua negara karena perang dagang yang sedang berlangsung.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (1/7/2020):

- Dikritik Habis-habisan, Jadikah Israel Mencaplok Tepi Barat?

Rencana Israel tentang aneksasi kontroversial di Tepi Barat yang didudukinya terus menuai kritik global. Para pengunjuk rasa Palestina pun mulai berkumpul di Gaza.

Pemerintah koalisi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menetapkan 1 Juli sebagai tanggal di mana mereka dapat mulai menerapkan proposal perdamaian Timur Tengah yang dibuat oleh Presiden AS Donald Trump.

Rencana Trump, diluncurkan di Gedung Putih pada bulan Januari lalu. Proposal itu menawarkan jalan bagi Israel untuk mencaplok wilayah dan pemukiman Tepi Barat Yahudi, komunitas yang dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional.

- Sebelum Kematian Pangeran Arab Saudi, 150 Anggota Kerajaan Positif Corona

Penyebab kematian Pangeran Bandar bin Saad bin Mohammad bin Abdulaziz bin Saud bin Faisal Al Saud masih menjadi misteri. Tiga bulan sebelumnya, ada 150 anggota kerajaan Saudi yang terinfeksi virus Corona.

Dokter di rumah sakit elit yang merawat anggota keluarga Al-Saud kala itu menyiapkan sebanyak 500 tempat tidur, dan menekankan kondisi di kerajaan Saudi dalam keadaan 'siaga tinggi'.

"Arahan harus siap untuk V.I.P dari seluruh negara," tulis pesan dari Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal yang diterima The New York Times pada Selasa (7/4/2020).

- UU Keamanan Hong Kong Disahkan, Menlu AS: Ini Hari Menyedihkan

Undang-undang keamanan nasional Hong Kong disahkan oleh Parlemen China pada hari Selasa (30/06). Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo pun memperingatkan China tentang langkah-langkah baru menyusul diberlakukannya UU ini dan menyebutnya "hari yang menyedihkan".

"Hari ini menandai hari yang menyedihkan bagi Hong Kong, dan bagi orang-orang yang mencintai kebebasan di seluruh Tiongkok," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan seperti dilansir oleh AFP, Rabu (1/7/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2