Soal Rencana Israel Caplok Tepi Barat, Ini Peringatan PM Inggris

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 15:13 WIB
Rencana Aneksasi Israel di Tepi Barat: Liga Arab Sebut Bisa Picu Perang Agama
Israel berencana mencaplok sebagian wilayah Tepi Barat (Foto: DW (News))
London -

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengingatkan Israel untuk tidak melanjutkan rencananya mencaplok sebagian wilayah Tepi Barat. Johnson menyebut tindakan itu ilegal dan bertentangan dengan kepentingan negara Yahudi itu sendiri.

"Saya seorang pembela Israel yang bersemangat," tulisnya dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam bahasa Ibrani di halaman depan harian terlaris Israel, Yediot Aharonot, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (1/7/2020).

"Jadi dengan sedih saya telah mendengar proposal untuk mencaplok wilayah Palestina," tambahnya.

"Saya takut proposal ini akan gagal dalam tujuannya mengamankan perbatasan Israel dan akan bertentangan dengan kepentingan jangka panjang Israel sendiri," tutur pemimpin Inggris tersebut.

Pemerintah koalisi Israel telah menyetujui 1 Juli sebagai tanggal untuk mulai menerapkan proposal perdamaian Timur Tengah Presiden AS Donald Trump, yang membuka jalan bagi aneksasi permukiman Yahudi di Tepi Barat dan kemungkinan juga Lembah Jordan.

"Aneksasi akan menjadi pelanggaran hukum internasional," tulis Johnson, seraya menambahkan bahwa itu juga akan membahayakan "kemajuan yang telah dibuat Israel dalam meningkatkan hubungan dengan dunia Arab dan Muslim.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2