Baru 5 Hari Menjabat, Menteri Pendidikan Brasil Mundur

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 12:23 WIB
Baru 5 Hari Menjabat, Menteri Pendidikan Brasil Carlos Alberto Decotelli mundur (AFP Photo)
Foto: Baru 5 Hari Menjabat, Menteri Pendidikan Brasil Carlos Alberto Decotelli mundur (AFP Photo)
Sao Paulo -

Menteri Pendidikan Brasil mengundurkan diri dari jabatannya hanya lima hari setelah dia ditunjuk menjabat. Dia dituduh berbohong atas riwayat akademisnya.

Seperti dilansir AFP, Rabu (1/6/2020) Carlos Alberto Decotelli adalah orang kulit hitam pertama yang diangkat oleh Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro sebagai Menteri Pendidikan.

Namun, hanya lima hari berselang, Juru Bicara Paulo Roberto, Decotelli menyerahkan pengunduran dirinya ke Bolsonaro.

Bolsonaro menunjuk Decotelli pekan lalu sebagai pengganti Abraham Weintraub, yang mengundurkan diri pada pertengahan Juni setelah terlibat dalam serangkaian kontroversi, termasuk membuat komentar rasis anti-China di Twitter.

Decotelli mengklaim dia memegang gelar Master dari Getulio Vargas Foundation di Brasil, gelar doktor dari Universitas Rosario di Argentina dan doktoral dari Universitas Wuppertal Jerman.

Namun klaim bahwa gelar-gelar itu palsu, muncul beberapa hari setelah pengangkatannya, membuat sebagian besar media Brasil menyebutnya sebagai "mantan menteri masa depan."

Kredensial akademik itu sebelumnya telah dielu-elukan oleh Bolsanaro dalam sebuah tweet yang mengumumkan pengangkatannya minggu lalu.

Namun, rektor Universitas Rosario mengatakan Decotelli belum mendapatkan gelar doktor di sana dan tidak pernah mempertahankan tesisnya.

Tonton video 'Corona 'Membuas', Presiden Brasil Diminta Mundur':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2