Boeing 737 MAX Akan Uji Sertifikasi, Kapan Terbang Kembali?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 14:42 WIB
Gara-gara 737 MAX, Boeing Setuju Bayar Ganti Rugi 300 Juta Euro ke Perusahaan Jerman TUI
Foto: Boeing 737 Max (DW News)
Jakarta -

Pesawat Boeing 737 MAX bisa melakukan uji terbang pertama pada Senin (29/6/2020) waktu setempat. Uji sertifikasi ini merupakan langkah penting untuk kelangsungan hidup model pesawat yang telah dikandangkan selama 14 bulan itu.

Seperti dilansir dari AFP, Senin (29/6) dua sumber yang dekat dengan kasus itu mengatakan pada Jumat (26/6), bahwa penerbangan itu bisa dilakukan awal minggu ini.

Baik Boeing maupun otoritas penerbangan AS, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) tidak mengkonfirmasi soal penerbangan ketika dimintai komentar pada hari Minggu (28/6).

"Kami terus bekerja dengan tekun untuk kembalinya 737 MAX dengan aman. Kami tunduk pada FAA dan regulator global dalam prosesnya," kata juru bicara Boeing kepada AFP.

Boeing 737 MAX telah dilarang terbang secara global sejak 13 Maret 2019, menyusul kecelakaan Ethiopian Airlines yang menewaskan 157 orang. Bencana itu terjadi hanya beberapa bulan setelah kecelakaan Lion Air MAX yang menewaskan 189 orang.

Kesamaan yang merisaukan antara dua kecelakaan, yang keduanya terjadi tak lama setelah lepas landas, beserta ketidakmampuan pilot untuk mendapatkan kembali kendali atas pesawat, menyebabkan otoritas penerbangan global memutuskan untuk meng-grounded model tersebut.

Selama berbulan-bulan, raksasa penerbangan AS itu telah berjuang untuk bisa menerbangkan kembali pesawat angkut menengahnya - yang penjualannya merupakan sumber pendapatan utamanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2