Dianggap Pembela Perbudakan, Patung Wapres ke-7 AS Akan Dipindahkan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 13:09 WIB
Patung Wakil Presiden ketujuh AS John C. Calhoun akan dipindahkan karena dianggap sebagai simbol perbudakan (AP Photo)
Foto: Patung Wakil Presiden ke-7 AS, John C. Calhoun, akan dipindahkan karena dianggap sebagai simbol perbudakan (AP Photo)
South Carolina -

Para pejabat di kota bersejarah Charleston, South Carolina, Amerika Serikat (AS), memilih dengan suara bulat dalam voting untuk memindahkan patung Wakil Presiden ke-7 AS dan advokat perbudakan John C. Calhoun dari alun-alun pusat kota. Keputusan ini dipicu gelombang aksi antirasisme George Floyd yang meluas di AS.

Seperti dilansir Associated Press (AP), Rabu (24/6/2020) anggota dewan menyetujui pemindahan patung Calhoun dalam voting dengan hasil 13-0 pada Selasa (23/6). Resolusi tersebut mengesahkan pemindahan patung Wakil Presiden ke-7 AS dan senator AS dari South Carolina dari atas monumen setinggi 30 meter di pusat kota Marion Square.

Pejabat kota pada akhirnya mengatakan bahwa patung Calhoun akan ditempatkan secara permanen di "lokasi yang sesuai di mana ia akan dilindungi dan dilestarikan."

Tepat sebelum tengah malam, Departemen Kepolisian Charleston menulis di Twitter: "Calhoun Street antara Meeting Street dan King Street ditutup untuk pemindahan patung John C. Calhoun," menambahkan bahwa jalan akan ditutup selama beberapa jam.

Pemungutan suara dilakukan seminggu setelah Wali Kota John Tecklenburg mengumumkan dia akan mengirim resolusi ke Dewan Kota. Dia juga mengambil bagian dalam pemungutan suara.

"Saya percaya bahwa kita sedang menetapkan babak baru, babak yang lebih adil, dalam sejarah kota kita," kata Tecklenburg, sesaat sebelum voting. "Kita membuat langkah yang benar. Itu hanya hal yang tepat untuk kita lakukan. "

Tonton juga video 'Popularitas Menurun, Trump Mainkan Isu Rasial di Kampanyenya':

Selanjutnya
Halaman
1 2