Eks Penasihat Keamanan AS Sebut Putin Tak Anggap Serius Trump, Ini Kata Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 12:49 WIB
U.S. President Donald Trump and Russias President Vladimir Putin arrive for their meeting in Helsinki, Finland, July 16, 2018. REUTERS/Kevin Lamarque
Trump dan Putin saat bertemu di Helsinki, Finlandia, tahun 2018 lalu (REUTERS/Kevin Lamarque)
Washington DC -

Mantan penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton yang tengah memicu kehebohan dengan buku barunya, kembali memicu kontroversi dengan menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menganggap serius Presiden Donald Trump. Otoritas Rusia telah menanggapi tuduhan Bolton ini.

Seperti dilansir Associated Press dan The Independent, Sabtu (20/6/2020), tuduhan itu disampaikan Bolton dalam wawancara dengan ABC News beberapa waktu terakhir saat Bolton mempromosikan buka memoar-nya yang berjudul 'The Room Where It Happened: A White House Memoir' yang akan terbit pekan depan.

Dalam wawancara itu, Bolton membahas soal hubungan antara Trump dan Putin. Disebutkan Bolton bahwa Putin sebenarnya meyakini dirinya bisa mempermainkan dan memanipulasi Trump. Dia bahkan menyebut Putin tidak menganggap serius Trump dan mungkin menertawakan Trump.

"Saya pikir Putin berpikir dirinya bisa mempermainkannya (Trump-red). Saya pikir Putin cerdas, tangguh, saya pikir dia melihat bahwa dia tidak berhadapan dengan musuh yang serius di sini. Saya pikir dia tidak khawatir soal Donald Trump," sebut Bolton dalam wawancara itu.

Bolton menggunakan idiom 'play him like a fiddle' dalam pernyataannya, yang berarti mempermainkan atau memanipulasi seseorang dengan cekatan.

"Presiden mungkin pembuat kesepakatan hebat ketika menyangkut real estate Manhattan. Mengurusi perjanjian pembatasan persenjataan untuk senjata strategis, mengurusi banyak isu keamanan internasional merupakan hal-hal yang sangat jauh dari pengalaman hidupnya," ucap Bolton yang eks Duta Besar AS untuk PBB.

Tonton juga '20.000 Ton Diesel Cemari Lingkungan, Putin Murka ke Gubernurnya':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2