Corona Muncul Lagi, PM Selandia Baru Perintahkan Militer Awasi Perbatasan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 12:19 WIB
New Zealands Prime Minister Jacinda Ardern (R) speaks during a joint press conference with the leader of the Neterlands at Government House in Auckland on October 8, 2019. (Photo by DAVID ROWLAND / AFP)
Foto: PM Selandia Baru Jacinda Ardern (DAVID ROWLAND/AFP)
Wellington -

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern memerintahkan militer untuk mengawasi perbatasan Selandia Baru, pada Rabu (17/6/2020). Hal ini merupakan respon atas kemunculan dua kasus baru Corona di negara itu.

Seperti dilansir AFP, Rabu (17/6/2020) sudah 24 hari Selandia Baru bebas dari kasus infeksi Corona. Namun, status ini gugur pada Selasa (16/6) ketika ada dua wanita yang baru saja tiba dari Inggris, diizinkan keluar dari karantina lebih awal tanpa diuji dahulu, meskipun satu memiliki gejala ringan.

Kedua wanita itu akhirnya diswab dan terbukti terinfeksi Corona, tetapi hanya setelah mereka melakukan perjalanan sejauh 650 kilometer (Auckland) dari Auckland ke Wellington untuk melihat kerabat yang sekarat.

Ardern mengatakan itu "benar-benar tidak masuk akal", ketika mereka tidak diuji sebelumnya. Oleh karena itu, lanjutnya, jelas kontrol perbatasan perlu diperketat untuk memastikan kegagalan yang sama tidak terulang.

Dia mengatakan wakil kepala pertahanan Digby Webb telah ditunjuk untuk mengawasi operasi karantina perbatasan dan diberi akses ke personel militer dan keahlian logistik.

"Pandangan saya adalah bahwa kita membutuhkan ketelitian, kita membutuhkan kepercayaan, kita membutuhkan disiplin yang dapat diberikan oleh militer," kata Ardern kepada wartawan.

Tonton juga video 'Jadi Episentrum Gelombang Kedua, Beijing Tutup 11 Pasar':

Selanjutnya
Halaman
1 2