Positif Corona, Istri Presiden Ukraina Dirawat di Rumah Sakit

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 18:31 WIB
In this photo taken on April 1, 2020, Olena Zelenska, wife of Ukrainians President Volodymyr Zelenskiy, attends an online school lesson in Kyiv, Ukraine. Olena was hospitalized with double-sided pneumonia after getting infected with the new coronavirus. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Olena Zelenska, istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Kiev -

Olena Zelenska, istri dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, masuk rumah sakit sekitar empat hari setelah dinyatakan terinfeksi virus Corona (COVID-19). Zelenska menjalani perawatan medis di rumah sakit karena menderita double-sided pneumonia atau pneumonia duplex usai positif Corona.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (16/6/2020), kantor kepresidenan Ukraina dalam pernyataannya menyebut kondisi Zelenska stabil di rumah sakit. Double-sided pneumonia atau pneumonia duplex merupakan pneumonia yang menyerang kedua paru-paru.

Laporan media lokal Kyiv Post secara terpisah menyebut diagnosis Zelenska adalah pneumonia polysegmental bilateral dengan keparahan sedang. Disebutkan kantor kepresidenan Ukraina bahwa Zelenska tidak membutuhkan oksigen tambahan dan tidak mengalami sesak napas.

Disebutkan juga oleh kantor kepresidenan Ukraina bahwa Presiden Zelensky dan dua anaknya telah dites dan dinyatakan negatif virus Corona pada Senin (15/6) waktu setempat.

Zelenska mengumumkan dirinya positif terinfeksi Corona pada Jumat (12/6) pekan lalu. Saat itu dia menyebut dirinya hanya rawat jalan dan menjalani isolasi dari keluarganya sebagai antisipasi. "Saya merasa baik, tapi saya menjalani rawat jalan, terisolasi dari anggota keluarga lainnya agar tidak membahayakan mereka," tulis Zelenska dalam pengumuman via akun Instagram-nya.

Disebutkan Zelenska bahwa diagnosis positif Corona ini mengejutkan, karena selama ini dia mematuhi seluruh aturan karantina yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, termasuk selalu memakai masker dan sarung tangan, serta meminimalisasi kontak dengan orang lain.

Meskipun istrinya positif Corona, Presiden Zelensky masih masuk kantor karena dia tidak bisa mendelegasikan wewenangnya dan beberapa tugas hanya bisa dilakukan di kantor. Kendati demikian, Presiden Zelensky membatasi komunikasi langsung hanya dengan kelompok kecil staf dan mempraktikkan social distancing.

Total kasus virus Corona di Ukraina, menurut data penghitungan Johns Hopkins University (JHU), kini mencapai 33.209 kasus dengan 922 kematian. Otoritas Ukraina telah mulai melonggarkan lockdown sejak akhir Mei lalu, dengan transportasi publik beroperasi kembali dan mal dibuka lagi. Pada Senin (15/6) waktu setempat, penerbangan internasional ke beberapa negara kembali beroperasi.

(nvc/ita)