Sudah 21 Hari Tak Ada Kasus Corona di Selandia Baru

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 13:13 WIB
Warga Selandia Bau kini mulai bisa bernafas lega dan terbebas dari kebijakan Lockdown selama sebulan penuh. Kini mereka pun bebas beraktivitas.
Situasi di Selandia Baru usai lockdown Corona dicabut (Getty Images/Fiona Goodall)
Wellington -

Otoritas Selandia Baru kembali melaporkan nol kasus virus Corona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir. Ini berarti sudah 21 hari terakhir, tidak ada kasus Corona di negara ini.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Jumat (12/6/2020), Kementerian Kesehatan Selandia Baru dalam laporan terbaru menyatakan tidak ada kasus baru dalam sehari terakhir. Menurut Kementerian Kesehatan, total kasus Corona di Selandia Baru kini mencapai 1.504 kasus.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa angka tersebut juga termasuk 1.154 kasus yang terkonfirmasi Corona, yang menjadi angka yang dilaporkan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Total kematian akibat virus Corona di Selandia Baru mencapai 22 orang.

Sementara jumlah pasien yang sembuh mencapai 1.482 orang. Saat ini, Selandia Baru tidak memiliki kasus aktif Corona setelah pasien terakhir dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari fasilitas isolasi pada awal pekan ini.

NZ COVID Tracer yang dikembangkan pemerintah Selandia Baru untuk memfasilitasi pelacakan kontak dan identifikasi kasus, kini tercatat telah mendapat 550 ribu pendaftaran. Angka ini meningkat sebanyak 4 ribu dibandingkan pada Kamis (11/6) waktu setempat.

Laboratorium-laboratorium di seluruh penjuru Selandia Baru menyelesaikan 2.950 tes sepanjang Kamis (11/6), sehingga total tes Corona yang telah dilakukan di negara ini mencapai 304.832 tes.

Otoritas kesehatan Selandia Baru menyatakan bahwa eliminasi kasus Corona baru dicapai setelah 28 hari tanpa kasus baru, yang setara dengan dua periode inkubasi. Dengan kata lain, jika hingga pekan depan tidak ada laporan kasus baru, maka virus Corona bisa dinyatakan hilang dari Selandia Baru.

(nvc/ita)