Panda Kabur dari Kandangnya di Kebun Binatang Denmark, Bosan Dikarantina?

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 10:04 WIB
A picture taken on April 9, 2019 shows Panda Xing Er sitting in its enclosure in the Copenhagen zoo. - Driven by a sudden desire to escape, a panda briefly escaped on June 8, 2020 from its enclosure at the Copenhagen zoo, before being apprehended by the staff in the park, without causing injuries. (Photo by Mads Claus Rasmussen / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT
Panda Xing Er dalam foto tahun 2019 (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix/AFP)
Copenhagen -

Bukan hanya manusia yang merasa bosan dengan karantina selama pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela. Seekor panda di Kebun Binatang Copenhagen, Denmark, kabur dari kandangnya pada Senin (8/6) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Selasa (9/6/2020), panda jantan berusia 6 tahun bernama Xing Er ini, dilaporkan kabur dari kandangnya dan pergi berkeliling di dalam kompleks kebun binatang yang kebetulan masih tutup saat insiden ini terjadi.

Juru bicara Kebun Binatang Copenhagen, Jacob Munkholm Hoeck, menuturkan kepada AFP bahwa panda ini terekam CCTV saat 'meninggalkan kandangnya, menyelinap di bawah pagar listrik'.

Rekaman CCTV menunjukkan panda ini berkeliaran di dalam area kebun binatang, hingga seorang pegawai mengetahui situasi itu dan memanggil tim keamanan.

"Dokter hewan di kebun binatang membius panda itu dan dia dibawa kembali ke kandangnya," tutur Hoeck. "Di sana (dalam kandang) dia diberi obat penawar dan terbangun beberapa menit kemudian," imbuhnya.

Xing Er tidak mengalami luka-luka sedikitpun. Tidak ada korban luka dari manusia dalam insiden ini.

Kepala ilmuwan di kebun binatang itu, Bengt Holst, menyatakan bahwa pengamanan di sekitar kandang akan 'diperiksa dengan cermat' untuk 'memastikan hal ini tidak terjadi lagi'.

Xing Er dan pasangannya, seekor panda betina bernama Mao Sun, tiba di Denmark pada April 2019, sebagai pinjaman dari otoritas kota Chengdu di China. Kedua panda ini merupakan bagian dari program 'diplomasi panda' yang dijalankan China dengan negara-negara lainnya. Program ini terdiri dari meminjamkan panda ke negara-negara lain untuk memupuk kerja sama.

(nvc/ita)